Sejumlah nelayan dan para penggiat perempuan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Rabu menggelar aksi bersih pantai di kawasan pesisir pantai setempat dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Nasional (HKN).

Dipimpin langsung oleh istri bupati sekaligus Ketua Penggerak PKK Trenggalek Novita Hardini Mochamad, warga-nelayan serta para penggiat isu perlindungan perempuan dan anak sejak pagi terlihat menyisir sampah demi sampah yang berserak di tepian Pantai Cengkrong, Desa Karanggandu, Trenggalek.

"Ya, hari ini adalah kegiatan bersih-bersih lingkungan, tepatnya di Kecamatan Watulimo bersama dengan seluruh pasukan di Dinas Sosial P3A Trenggalek dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional," kata Novita Hardini Mochamad.

Novita yang juga didapuk sebagai ketua Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kabupaten Trenggalek ini menambahakan, cara dinas sosial memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial di Trenggalek, dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat dan pemerintah patut diapresiasi positif.

Sebab pelibatan lintas pemangku kepentingan dalam manajemen sampah di pesisir Pantai Cengkrong akan melatih publik untuk lebih peka terhadap satu sama lain, juga lingkungan sekitarnya.

"Saya melihat di Kecamatan Watulimo sudah bersih, hal ini menunjukkan komitmen seluruh stakeholder maupun pemerintah mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa serta masyarakat sudah memikiki kepedulian dengan isu pelestarian lingkungan," katanya.

Berkat kesadaran itu pula, kondisi pantai sudah berbeda dibanding sebelumnya. Dulu masih sering ditemui sampah plastik, namun sekarang sudah tidak lagi.

Menurut Novita masih ada pekerjaan rumah bagi pemerintah dan masyarakat, dimana di masih ada beberapa spot wisata lain seperti di Pantai Pelang di Kecamatan Panggul yang belum terbebas dari masalah sampah.

"Mungkin agenda berikutnya bisa dijadwalkan untuk pembersihan di Pelang dan saya minta peran serta masyarakat untuk ikut menjaga atau sedekah informasi, sehingga kita bisa menindaklanjuti laporan tersebut," ujarnya.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019