Pemerintah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mendorong upaya peningkatan produksi hasil pertanian warga di wilayah itu dengan memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan).

"Sebanyak 36 kelompok tani tahun ini mendapatkan bantuan alsintan berupa traktor tangan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Pemkab Sampang Suyono di Sampang, Minggu.

Ia menjelaskan, penyerahan bantuan telah dilakukan beberapa waktu lalu di Dinas Pertanian Pemkab Sampang dan telah diterima secara langsung oleh kelompok tani penerima bantuan.

Sebelum penyerahan dinas juga telah menyampaikan sosialisasi agar para kelompok tani penerima bantuan tersebut bisa memanfaatkan alat itu sesuai dengan peruntukannya dan tidak dijual.

Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut, akan memudahkan para petani dalam mengolah lahan pertanian mereka, sehingga hasil produksi pertanian akan lebih baik.

Dinas Pertanian Kabupaten Sampang juga membuat surat penyataan kepada penerima bantuan agar untuk menanggung perawaran kerusakan alat tersebut, oleh kelompok penerima bantuan.

Sementara pada 2018 Pemkab Sampang telah menyerahkan bantuan alat mesin pertanian sebanyak 51 unit, dengan rincian mesin traktor tangan sebanyak 18 unit, dan kultifator sebanyak 33 unit, dengan total anggaran sekitar Rp1 miliar yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT) tahun 2018.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019