Perusahaan hulu migas Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) menanam 15 ribu bibit mangrove di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jatim, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia atau World Environment Day (WED) 2019 dan juga komitmen terhadap pelestarian lingkungan hidup.

General Manager HCML Tilak Ranjith Kumar Nithiyeswaran, Sabtu mengatakan di tahun ini jumlah bibit mangrove yang ditanam oleh HCML mengalami peningkatan dibanding dengan tahun sebelum-sebelumnya, yakni sebanyak 12 ribu di tahun 2018.

"Kegiatan ini bagian dari bentuk komitmen HCML yang selalu berusaha meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Dan bahkan di tahun ini kami juga menanam pohon mangga gadung," ujarnya saat penanaman bibit mangrove dan mangga gadung, di Desa Semare.

Melalui keterangan tertulisnya dia berharap bibit mangrove dan mangga gadung yang ditanam di salah satu lahan yang ada di desa setempat itu, kelak akan tumbuh dengan baik sehingga bisa dinikmati manfaatnya oleh warga sekitar.

"Nanti kalau saya kembali ke Indonesia, saya pasti akan senang sekali apabila bisa bersama masyarakat Semare menikmati buah mangga yang sudah masak dari pohon yang kami tanam hari ini. Pohon mangga adalah buah favorit saya," katanya.

Sementara, VP Deputi Operasi SKK Migas Sondang Maria Maniop mengatakan program yang dilakukan ini bagian dari komitmen HCML dan SKK Migas dalam memperhatikan lingkungan, terutama untuk warga dan wilayah operasional HCML.

"Kami harapkan pohonnya tumbuh dengan baik, lebat dan membantu area sini. Seperti HCML yang berusaha terus menjalin relasi dengan baik bersama warga Desa Semare," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Semare Yazid menyampaikan aspirasi dan ucapan terima kasihnya kepada pihak HCML, yang selama ini telah banyak membantu desanya menjadi lebih maju dan peduli terhadap lingkungan.

"Hanya HCML satu-satunya perusahaan gas yang peduli terhadap desa kami. Bahkan, Cafe laut Semare yang saat ini lagi booming di Pasuruan juga berkat didukung oleh HCML," ucapnya.

Yazid berharap, perusahaan-perusahaan besar lainnya meniru atau mencontoh HCML, menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat Desa Semare.

"Saya berterimakasih kepada HCML yang sudah berbuat banyak untuk masyarakat Desa Semare," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019