Ketua Persatuan Wanita Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Perwossi) Jawa Timur Arumi Bachsin mengajak para atlet selam yang datang dari 22 provinsi di Indonesia, mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

"Selamat datang di Pantai Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur. Kami persilakan para atlet berkunjung ke sejumlah objek wisata di Situbondo, usai mengikuti prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020," kata Arumi saat membuka prakualifikasi PON 2020 cabang olahraga selama di Pantai Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Selasa.

Baca juga: Situbondo tuan rumah prakualifikasi selam PON 2020 (Video)

Selain destinasi wisata pantai di Pasir Putih, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak itu juga menyebutkan beberapa destinasi wisata sekitar Pasir Putih yang bisa dikunjungi atlet selam dari 22 provinsi itu, di antaranya wisata Kampung Kerapu dan Kampung Blekok serta objek wisata lainnya.

"Mampir ya, di sini banyak destinasi wisata yang bagus-bagu loh," kata Arumi Bachsin kepada 142 atlet selam yang memperbutkan 40 tiket menuju PON 2020 di Papua.

Ketua Perwossi Jawa Timur Arumi Bachsin juga memberikan semangat kepada 142 atlet selam sebelum mengikuti prakualifikasi PON 2020 yang berlangsung di pantai Pasir Putih, yang merupakan objek wisata andalan Kabupaten Situbondo.

"Salah satu ujung tombak harga diri bangsa itu adalah atlet. Karena semakin banyak atlet berprestasi maka harga diri bangsa ini semakin tinggi di mata dunia," ujar Arumi.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dalam sambutanya juga menyambut baik dan bangga, karena Situbondo terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan prakualifikasi PON 2020 cabang olahraga selam.

"Dari 142 atlet cabor selam yang mengikuti prakualifikasi dan manajer atlet yang diperkirakan mencapai 500 orang datang ke Pasir Putih akan semakin mendongkrak kunjungan wisata ke Situbondo, karena tahun ini kami telah mendeklarasikan tahun kunjungan wisata," kata Bupati Dadang.

Dengan menjadi tuan rumah prakualifikasi PON 2020 cabang olahraga selam di pantai Pasir Putih Situbondo, menurut ia, akan mampu mengenalkan destinasi wisata di Situbondo, kepada masyarakat luas bahkan dunia.

"Kegiatan prakualufikasi ini diharapkan mampu memotivasi atlet selam Situbondo, untuk semakin mengasah kemampuannya dan bisa menjadi atlet yang masuk dalam kualifikasi PON," tuturnya.

Sebanyak 142 atlet cabor selam nomor laut dari 22 provinsi ini, mengikuti prakualifikasi PON 2020 di pantai Pasir Putih Situbondo, selam tiga hari, mulai hari ini Selasa 29 hingga 31 Oktober 2019.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019