Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menjadi tuan rumah pelaksanaan prskualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Kualiifikasi pra PON) tahun 2020 di Papua, untuk cabang olahraga selam selama tiga hari mulai Selasa, 29 hingga 31 Oktober 2019.

Sebanyak 142 atlet putra-putri cabang olahraga selam nomor laut dari 22 provinsi ini, mengikuti prakualifikasi PON 2020 di pantai Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo.

"Memilih pantai di Pasir Putih Situbondo, karena repsentatif untuk cabor selam. Dan lautnya tenang serta standar di cabor selam nomor laut," ujar Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI), Supardi usai upacara prakualifikasi PON 2020 di Situbondo, Selasa.
 
Video Oleh Novi Husdinariyanto

Ia menjelaskan, dari 142 atlet selam nomor laut ini terbagi menjadi dua kategori, kategori selam finswimming dan selam OBA (orientasi bawah air). Dan untuk kategori finswimming terbagi dua kelas, yakni 3.000 meter dan 6.000 meter.

"Dari 142 atlet selam kategori finswimming dan OBA yang mengikuti lomba selam prakualifikasi PON ini akan diambil 40 atlet selam terbaik, terdiri 16 atlet selam finswimming dan 24 atlet dari kategori selam OBA," ujarnya.

Supardi menambahkan, untuk di Provinsi Jawa Timur atlet selam yang sudah lolos kualifikasi sebelumnya sebanyak 18 atlet nomor kolam.

"Sebelumnya pelaksanaan prakualifikasi dilaksanakan di kolam renang Saigon Pasuruan, dan ada 80 atlet yang lolos kualifikasi selam nomor kolam. Jadi total atlet yang akan mengikuti PON di Papua seluruhnya 120 atlet selam, sebanyak 40 atlet di antaranya nomor laut yang dilaksanakan di Situbondo ini," paparnya.

Prakualifikasi PON 2020 di Papua, yang dilaksanakan di Wisata Bahari Pasir Putih, Situbondo, dibuka langsung oleh Ketua Persatuan Wanita Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PERWOSSI) Jawa Timur, Arumi Bachsin.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019