Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat jumlah pengunjung wisata pada Tahun Kunjungan Wisata 2019 hingga Agustus 2019 mecapai 491.750 wisatawan yang terdiri dari wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara (wisman).

"Kami optimistis pengunjung wisata pada tahun ini melebihi dari target, sampai dengan Agustus 2019 ada 491.750 wisatawan, sedangkan target tahun ini 531.830 pengunjung," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo, Sofwan Hadi di Situbondo, Senin.

Ia mengatakan bahwa objek wisata yang masih menjadi favorit dan paling banyak dikunjungi, yakni Wisata Bahari Pasir Putih di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan dan Taman Nasional Baluran di Kecamatan Banyuputih. Objek wisata pantai dan wisata alam paling banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, katanya, untuk destinasi wisata baru di Situbondo dan banyak dikunjungi di antaranya, wisata Kampung Kerapu dan wisata Kampung Blekok, di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, serta wisata alam Waduk Bajulmati yang lokasinya di jalur pantura Hutan Baluran.

"Setiap bulan kami melakukan pendataan jumlah pengunjung wisata, melalui pengelola masing-masing destinasi wisata. Tingginya pengunjung tentu tidak lepas bantuan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) serta berbagai komunitas termasuk biro perjalanan," ujar Sofwan.

Sofwan menambahkan, target kunjungan wisatawan tahun 2019 lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya atau target pengunjung wisata 2018.

"Pada tahun 2018 target pengunjung sebanyak 501.480 orang, namun sampai tutup tahun pengunjung melebihi target yaitu mencapai 520.227 pengunjung termasuk wisatawan mancanegara," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019