Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur membuka Unit Layanan Paspor (ULP) di BG Junction Mall Surabaya. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Susy Susilawati saat peresmian, Rabu, menyebut animo masyarakat terhadap permohonan paspor begitu besar sehingga harus menggandeng pihak swasta untuk membuka ULP.

"Di Surabaya kini ada empat ULP yang masing-masing dibawahi oleh Kantor Imigrasi Surabaya dan Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya," katanya.

Baca juga: Baru beroperasi, ULP Pasar Atom Surabaya layani 100 pemohon paspor/hari 

Selain itu, Susy menandaskan, di beberapa kabupaten wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Jawa Timur juga memiliki ULP seperti di Banyuwangi, Jember dan Probolinggo.  

"Dengan banyaknya ULP ini diharapkan mempercepat pelayanan publik, serta masyarakat semakin nyaman ketika ingin membuat dan memperpanjang paspor karena bisa di mana saja," ujarnya.

Baca juga: Imigrasi Surabaya Permudah Pengurusan Paspor di MPP 

 Susy menambahkan semakin banyak ULP yang dibuka juga untuk mengantisipasi banyaknya pengaduan tentang antrian pelayanan paspor. 

"Tentu saja pelayanan ULP dibarengi dengan perbaikan-perbaikan dari sisi Teknologi Informasi," ucapnya. 

Ketua Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Timur Agus Widiarta, yang turut hadir dalam persemian ULP BG Junction Surabaya, mengapresiasi terobosan pelayanan paspor yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Jatim. 

"Ini kemajuan yang baik sekali karena semakin membuat pelayanan publik menjadi lebih dekat ke masyarakat," katanya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019