Wakil Bupati Kediri Masykuri menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon bupati dari DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri, Jawa Timur, guna bertarung dalam pilkada serentak 2020.

"Saya berunding dengan keluarga, komunitas dan sesepuh pamit mengambil formulir di NasDem. Karena beberapa waktu lalu, kami juga mengambil di salah satu partai (PDI-Perjuangan)," katanya di Kediri, Senin.

Ia mengatakan, dalam politik lebih mengedepankan asas politik kebangsaan, yakni dalam proses pemilihan kepala daerah melalui partai. Untuk itu, dengan ini salah satu cara bagi dirinya berkomunikasi dengan partai.

"Ini merupakan politik kebangsaan. Tata negara, pemilihan kepala daerah dan presiden itu melalui partai, sehingga semakin banyak berkomunikasi, maka semakin baik kita membangun jaringan, semakin mudah melaksanakan pengabdian," ujar dia.

Ia juga tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk Kabupaten Kediri ke depannya. Untuk itu, dirinya tetap optimistis akan mendapatkan rekomendasi dari partai nantinya.

"Saya punya moto hidup itu lakukan yang terbaik, sehingga saya yakin apa yang saya lakukan ini terbaik. Tetap berharap rekomendasi itu akan turun kepada saya," kata dia.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri Lutfi Mahmudiono menilai Masykuri adalah salah satu kader terbaik yang dimiliki Kabupaten Kediri.

Dia meyakini bahwa bersangkutan memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk membangun Kediri jauh lebih baik.

Ia juga mengatakan, Partai NasDem Kabupaten Kediri mendapatkan empat kursi dalam Pemilu 2019, sehingga untuk mengusung calon partai harus koalisi karena syarat partai bisa mengusung calon kepala daerah minimal mempunyai 10 kursi.

"NasDem mendapatkan empat kursi di DPRD Kabupaten Kediri dan untuk bisa mengusung harus 10 kursi minimal. Kami juga mewajibkan kepada semua bakal calon untuk berkomunikasi dengan partai partai untuk membangun koalisi," kata Lutfi.

Ia juga menambahkan, pendaftaran di Partai Nasdem Kabupaten Kediri dibuka hingga 23 Oktober 2019. Nantinya, dari hasil pendaftaran akan dilakukan verifikasi di DPW Partai Nasdem Jatim, lalu hasilnya diserahkan ke DPP Partai NasDem. Untuk rekomendasi calon, juga diserahkan ke DPP.

Untuk saat ini, masih satu orang yang menyerahkan pendaftaran yakni Masykuri. Untuk berkas dari yang bersangkutan juga sudah lengkap.

Sebelumnya, Masykuri sudah menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon dari DPD PDIP Kabupaten Kediri. Selain Masykuri, ada 11 bakal calon lain yang berebut tiket bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Kabupaten Kediri. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019