Pemain Persebaya Surabaya asal Brazil, Otavio Dutra, segera resmi menjadi warga negara Indonesia, setelah Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur mempercepat pengambilan sumpah dan pengucapan janji setia pemain tersebut kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kabid Pelayanan Hukum Kanwilkumham Jatim Mustiqo Vitra Ardhiansyah di Surabaya, Kamis, mengatakan, pengambilan sumpah pesepak bola Persebaya Surabaya itu dijadwalkan pada Jumat (27/9).

"Yang pasti harus sudah hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lancar dalam melafalkan sumpahnya," katanya usai menerima kunjungan Otavio Dutra di Kanwil Kemenkumham Jatim.

Baca juga: Segera resmi WNI, Otavio Dutra tak sabar bela Timnas Indonesia

Ia menjelaskan, Dutra datang dengan membawa berkas naturalisasinya. Usai berkas diperiksa oleh tim pelayanan hukum, Dutra lalu diberikan persiapan apa saja yang harus dipersiapkan menjelang pengambilan sumpah dan janji.

"Dia juga diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan melafalkan sumpah," ujarnya.

Menurut Mustiqo, pihaknya akan membantu merealisasikan keinginan Dutra dan rencananya pengambilan sumpah akan dilakukan pada Jumat (27/9).

"Kami harus menyesuaikan dengan agenda Kakanwil, karena yang melantik adalah beliau, rencananya besok sore sudah bisa kami adakan proses pengambilan sumpahnya," tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019