Pemain Persebaya Surabaya asal Brazil, Otavio Dutra, yang mengajukan naturalisasi akan segera resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Rencananya pada Jumat (27/9), Otavio Dutra mengucapkan sumpah dan janji setia kepada NKRI di kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Setelah resmi berpaspor Indonesia atau menjadi WNI, Otavio Dutra punya tekad tersendiri dan tidak sabar untuk segera membela Timnas Indonesia.

"Saya sudah dua kali gagal membela timnas, saya harap dengan pelayanan yang baik dari Kemenkumham Jatim bisa mewujudkan harapan saya," kata Dutra saat ditemui di Kantor Kemenkumham Jatim.

Pemain berposisi bek tengah itu menyatakan siap membela Timnas Indonesia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab.

Mengenai kesiapannya mengikuti prosesi pengambilan sumpah dan janji menjadi WNI, Otavio Dutra mengatakan sangat siap. "Sudah sering saya diminta menyanyi lagu kebangsaan di hadapan DPR, menteri dan PSSI. Saya sangat siap," ujar pesepak bola berusia 35 tahun itu.

Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Jatim Mustiqo Vitra Ardhiansyah mengatakan, pengambilan sumpah dan janji pemain Persebaya Surabaya itu dijadwalkan pada Jumat (27/9).

"Yang pasti harus sudah hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lancar dalam melafalkan sumpahnya," katanya usai menerima kunjungan Otavio Dutra di Kanwil Kemenkumham Jatim.

Ia menjelaskan, Dutra datang dengan membawa berkas naturalisasinya. Usai berkas diperiksa oleh tim pelayanan hukum, Dutra lalu mendapat penjelasan mengenai persiapan apa saja yang harus dipersiapkan menjelang pengambilan sumpah dan janji.

"Dia juga diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan melafalkan sumpah," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019