Komisi Pengawas Persaingan Usaha Kantor wilayah IV Surabaya mengembangkan pengawasan usaha di sektor kemaritiman, dengan melakukan audiensi ke Komando Armada II.

Dalam kegiatan audensi itu, Kepala KPPU Kanwil IV Dendy R Sutrisno bersama jajarannya diterima Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono.

Dendy kepada wartawan di Surabaya, Selasa, mengatakan audensi ini merupakan langkah awal untuk masuk dalam pengawasan industri kelautan dan kemaritiman.

"Kami ingin turut berkontribusi dalam pengembangan usaha di segala sektor, termasuk di sektor kemaritiman, sebab KPPU mempunyai tugas penegakan hukum bidang persaingan usaha, advokasi kebijakan, pengawasan notifikasi merger akuisisi serta pengawasan kemitraan," katanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan nomenklatur Kantor Wilayah IV KPPU Surabaya yang mempunyai wilayah kerja Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Dendy berharap KPPU Surabaya dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk melakukan pengawasan kemitraan dalam sektor kemaritiman.

Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan setiap bidang usaha dapat menyejahterakan ekonomi masyarakat dan negara jika berlandaskan dengan hukum-hukum dan hak usaha yang terkait.

"Kami siap membantu sinergitas dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing instansi, bahkan termasuk penegakan hukum yang berlaku," katanya, menegaskan.

Ia juga menjelaskan dalam TNI Angkatan Laut juga terdapat Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut, yang mempunyai fungsi pembinaan potensi nasional maritim.

Tugas itu juga meliputi pembinaan sumber daya manusia, sumber daya alam dan buatan, sarana dan prasarana nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang maritim nilai-nilai luhur/kearifan lokal bidang maritim serta dinamisasi pembangunan kelautan.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019