Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menegaskan pemerintah kota terus memperbaiki pelayanan dengan mengoptimalkan program layanan berbasis elektronik kepada warga.

"Ini harus terus ditingkatkan, bahkan sekarang ditingkatkan dengan layanan berbasis elektronik. Semua kalau bisa harus berbasis daring," katanya di Kediri, Jawa Timur, Jumat.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat rencananya akan dibangun exit toll hingga bandar udara di Kabupaten Kediri. Untuk itu, sumber daya manusia juga harus selalu ditingkatkan.

Selain itu, ia juga mengungkapkan tentang beberapa isu strategis yang akan menjadi tantangan pembangunan Kota Kediri lima tahun ke depan.

Pihaknya telah menetapkan visi dalam RPJMD Kota Kediri Tahun 2020-2024 yakni Kota Kediri unggul dan makmur dalam harmoni, yang masing-masing memiliki makna, di antaranya Kota Kediri unggul merupakan perwujudan Kota Kediri yang unggul dalam segala bidang, sebagai cerminan dari SDM dan layanan publik Kota Kediri yang berkualitas dan berdaya saing.

Presiden Jokowi, lanjut dia, juga sering mengatakan daya saing masih kurang, sehingga harus ditingkatkan khususnya terhadap generasi-generasi saat ini.

Berikutnya Kota Kediri makmur, yang merupakan kondisi kehidupan individu dan masyarakat Kota Kediri yang terpenuhi kebutuhan dasarnya dan merata kesejahteraannya secara lahir dan batin serta mencerminkan masyarakatnya dapat menggapai cita-cita yang ideal, berpartisipasi dalam proses pembangunan secara kreatif, inovatif dan konstruktif dalam tata kehidupan yang aman, nyaman, tenteram, rukun dan damai.

Selanjutnya Kota Kediri harmoni, mencerminkan kerukunan dan toleransi antar masyarakat serta keselarasan dengan alam lingkungan. Harmoni tercipta apabila terdapat keseimbangan antar unsur masyarakat, keguyuban atau kerukunan masyarakat dengan turut menghargai warisan budaya dan kelestarian alam.

Untuk mewujudkannya, Mas Abu juga telah menetapkan empat misi sebagai berikut yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan berintegritas berorientasi pada pelayanan prima dan teknologi informasi.

Lainnya mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing berbasis nilai agama dan budaya, memperkuat perekonomian daerah berbasis potensi unggulan daerah dan pengembangan ekonomi kreatif yang berkeadilan, serta mewujudkan Kota Kediri yang aman, nyaman, dan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

Mas Abu juga berharap visi misi dan program unggulan di Kota Kediri ke depannya bisa mewujudkan masyarakat Kota Kediri yang unggul dan makmur dalam harmoni.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019