Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur bersama Komisi Perlindungan Aids (KPS) akan melibatkan kalangan guru/pendidik guna melakukan deteksi dini dan pengembangan pendidikan tentang kesehatan reproduksi guna mengantisipasi perilaku pelajar "menyimpang" melakukan hubungan terlarang, termasuk lelaki dengan sesamanya di daerah tersebut.

"Kami terus koordinasikan skema penanggulangan ini dengan Dinas Pendidikan," kata Kasi Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Didik Eka di Tulungagung, Rabu.

Dalam rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan yang telah dilakukan sebelumnya, lanjut Didik, pihaknya bersama KPS mengusulkan agar guru BK dibekali pengetahuan tentang kesehatan produksi.

Mereka juga didorong memiliki pengetahuan yang lebih utuh dan komprehensif tentang orientasi seksual, pengetahuan infeksi menukar seksual (IMS) serta seputar penularan HIV/AIDS.

"Dengan bekal pengetahuan tersebut diharapkan guru BK bisa melakukan deteksi dini jika ada siswanya yang memiliki orientasi seksual dengan sesama jenis. Bagaimana pencegahannya dan bagaimana mengedukasinya," kata Didik.

Dan apabila diperlukan, Dinkes dan KPS akan memberikan bantuan psikolog dan psikiater.

"Selain itu, dilakukan pendekatan kepada orang tua untuk membekali pengetahuan mendidik anak yang baik terkait orientasi seksual dan kesehatan reproduksi," ujarnya.

Baca juga: Dinkes Tulungagung identifikasi tren hubungan sejenis di kalangan remaja
Baca juga: 21 pelajar pelaku hubungan sejenis di Tulungagung positif HIV

Nantinya Dinkes juga melibatkan ULT PSAI dan LPA untuk menjelaskan pendidikan seksual di usia pelajar.

"Dinkes juga akan membantu pengobatan atau layanan kesehatan reproduksi remaja jika diperlukan," kata Didik.

Dikatakan Didik, maraknya kasus LSL sempat menjadi perhatian Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mereka bahkan sempat mengkonfirmasi berita tentang LSL di Tulungagung yang jumlahnya mencapai ratusan.

"Dan saya membenarkan data dan berita yang dikonfirmasikan itu," katanya.

Pihak Dinkes sebelumnya mengkonfirmasi data adanya 498 remaja dan pelajar lelaki usia 11-20 tahun tahun yang teridentifikasi dan mengakui pernah melakukan hubungan LSL (lelaki seks dengan lelaki).

Mayoritas pelajar dan remaja LSL itu tersebar di tujuh kecamatan, yakni Ngantru, Bandung, Sumbergempol, Kedungwaru, Besuki, Tulungagung dan Boyolangu.

Dari temuan LSL itu, sebanyak 175 orang sudah melakukan tes HIV/AIDS. Hasilnya, sebanyak 21 orang di antaranya positif HIV. KPA tengah berusaha menjangkau seluruh temuan untuk melakukan tes HIV.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019