Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, gencar mempromosikan wisata yang ada melalui pembuatan paket wisata pelajar dengan harapan potensi wisatanya lebih dikenali ketimbang luar daerah.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Blitar Ahmad Kholik mengatakan program ini dengan membidik para pelajar, dengan harapan mereka lebih mengenali lagi potensi wisata di daerah.

"Jadi, peserta adalah pelajar dan guru. Memang tujuannya mengenalkan potensi wisata di Kabupaten Blitar. Anak-anak dibiasakan kenal dulu potensi di Blitar sebelum berwisata ke daerah lain," katanya di Blitar, Senin.

Ia juga menambahkan Bupati Blitar Rijanto juga berharap dengan peresmian paket wisata pelajar tersebut, wisata di Kabupaten Blitar semakin bagus dan dikenali, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat akan semakin baik.

Di Kabupaten Blitar, beberapa objek wisata yang menarik banyak baik alami maupun buatan. Misalnya, wisata Negeri Dongeng, Kesambi Trees Park atau Penangkaran Rusa Maliran, Blitar Park dan hingga Istana Sakura.

Dengan diketahui beragamnya wisata di Kabupaten Blitar, turut serta mengundang pengunjung. Mereka juga ikut serta berkunjung ke sejumlah objek wisata unggulan lainnya misalnya ke pantai-pantai seperti Pantai Serang, Tambakrejo hingga wisata yang ada di daerah utara seperti Candi Penataran.

Pemerintah kabupaten sangat berharap ketika anak-anak tersebut berkunjung ke Pantai Serang atau ke wisata lainnya mampu membuat tulisan tentang wisata tersebut. Mereka juga diharapkan nantinya bisa memberi sumbangsih demi kemajuan Blitar.

Untuk teknis dalam program paket wisata pelajar, Ahmad Kholik mengungkapkan ditindaklanjuti antara dinas pendidikan dan dinas pariwisata di Kabupaten Blitar.

Sementara itu, di Kabupaten Blitar juga banyak desa wisata yang juga maju. Salah satu desa yang maju dan terkenal adalah Desa Serang, Kabupaten Blitar. Di desa ini, selain ada pantai juga terdapat tempat konservasi penyu, sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung pantai.

"Konservasi penyu itu inisiatif warga desa. Di Pantai Serang, Blitar, ini banyak sekali penyu yang datang untuk bertelur, jadi warga membuat konservasi ini," kata Kepala Desa Serang Dwi Handoko.

Konservasi penyu di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, ini merupakan swadaya dari kelompok masyarakat pelestari penyu. Mereka prihatin dengan maraknya jual beli telur penyu, yang diambil dari pantai.

Penyu biasanya mulai singgah ke pantai sekitar Juni. Penyu yang singgah itu dari berbagi jenis, misalnya penyu hijau, penyu sisik, dan lekang atau penyu sisik abu-abu. Setiap induk penyu mengeluarkan hingga ratusan butir telur sekali menetas.

Telur diamankan hingga menetas dan selanjutnya akan dilepasliarkan ke pantai. Pelepasan tukik juga menjadi salah satu kegiatan yang selalu ditunggu wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019