Polres Pamekasan, Jawa Timur, Selasa menggelar tes urine kepada semua sopir bus antarkota dalam provinsi dan antarkota antar provinsi serta sopir umum angkutan umum lainnya yang akan melayani angkutan mudik dan balik Lebaran 1440 Hijriah.

"Tes urine ini kami gelar, untuk memastikan semua sopir bebas narkoba," kata Kanit Dikyasa Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan Ipda Sri sugiarto.

Sopir bus dan angkutan umum lainnya harus bebas dari narkoba, karena menyangkut keselamatan berkendaraan.

Sugiarto menjelaskan, kegiatan itu, sebagai upaya antisipatif, guna menekan terjadi kecelakaan lalu lintas selama musim mudik dan balik Lebaran.

Tes urine kepada semua sopir angkutan umum itu digelar di Terminal Ronggosukowati, Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Satu per satu sopir yang masuk terminal diperiksa petugas medis. Petugas juga memeriksa kesehatan sopir melalui pemeriksaan tensi darah.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, petugas gabungan yang terdiri dari Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan, Subden Polisi Militer dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur itu, juga digelar pemeriksaan kendaraan bermotor.

Pemeriksaan meliputi kelengkapan dokumen, kondisi kendaraan, serta surat-surat kendaraan bermotor.

"Hasilnya Alhamdulillah bagus, tidak ditemukan adanya sopir yang mengkonsumsi narkoba, dan semuanya laik jalan. Begitu juga surat-suratnya juga lengkap," kata Sri Sugiarto, menjelaskan.

Dalam kesempatan itu, petugas juga menyampaikan arahan, agar para sopir MPU, baik bus ataupun mobil penumpang umum mentaati rambu-rambu lalu lintas, memperhatikan keselamatan penumpang, dengan cara tidak ugal-ugalan di jalan raya.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019