Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam mengapresiasi hasil rekapitulasi final perhitungan suara untuk Pemilu 2019 di KPU RI dan menempatkan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

"Kami, atas nama seluruh masyarakat di Kabupaten Trenggalek mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai calon presiden/wakil presiden terpilih," kata Samsul Anam sambil terus memantau perkembangan situasi politik nasional pascapengumuman hasil pemilu 2019 oleh KPU RI di Jakarta, Rabu.

Samsul yang kembali terpilih dalam Pileg 2019 dan berpeluang kembali menduduki kursi ketua DPRD Trenggalek periode 2019-2024 menegaskan kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin merupakan buah terlaksananya proses kedaulatan rakyat yang jujur, adil dan transparan.

Hal itu setidaknya terlihat besarnya dukunga suara untuk capres petahana ini yang mencapai 55,50 persen atau sebanyak 85.607.362 suara.

Jumlah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf Amin bahkan jauh dari raihan Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang mendapat 44,50 persen atau sebanyak 68.650.239 suara.

"Kami mengecam aksi unjuk rasa di Jakarta yang dilakukan pada malam hari yang bisa menimbulkan situasi keamanan menjadi tidak kondusif," kata Samsul Anam menyayangkan demo kelompok pendukung yang kecewa hasil pemilu/pilpres 2019.

Samsul mengimbau warga Trenggalek maupun warga di luar Trenggalek agar bersikap arif dan bijaksana. 

Warga diminta untuk tidak terprovokasi gerakan pembangkangan sipil yang sedang digelindingkan kelompok tertentu dengan tujuan mendelegitimasi hasil pilpres 2019.

"Mari kita dukung Polri dan TNI dalam menjalankan tugas pengamanan Pemilu 2019. Kita doakan agar mereka yang melakukan kerusuhan di Jakarta sadar dan menyerahkan segala persoalan terkait sengketa pemilu melalui prosedur yang sah dan dibenarkan secara hukum," kata Samsul Anam.

Terlepas di Jakarta ada sebagian warga yang berunjuk rasa bahkan bentrok dengan aparat keamanan, di Trenggalek suasana tampak tenang, aman dan kondusif.

Warga beraktivitas seperti biasa meski mayoritas terus memantau perkembangan dan dinamika politik di Jakarta.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019