Berdasarkan Rapat pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin menang 437.605 suara dari pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 709.054 suara dari total surat suara sah 980.503 suara, sedangkan pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi memperoleh 271.449 suara.

Dari 25 kecamatan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu, pasangan calon presiden Jokowi-Ma'ruf Amin mutlak memenangkan di seluruh kecamatan.

Pelaksanaan Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 oleh KPU Kabupaten Banyuwangi berlangsung sejak tanggal 1 hingga 5 Mei 2019 sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

Dari pantauan rekapitulasi yang dilaksanakan di Hall Rengganis Hotel Mirah Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, semestinya pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara selesai pada Sabtu (4/5/19) siang.

Namun, karena terjadi kesalahan input data DPT laki-laki dan perempuan, sehingga panitia pemilihan kecamatan (PPK) harus memperbaikinya hingga rekapitulasi selesai pada Minggu dini hari sekitar pukul 02.WIB.

Dan selanjutnya, KPU Kabupaten Banyuwangi mengirim hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu serentak ke KPU Provinsi Jawa Timur.

"Untuk kesalahan input data oleh PPK, yakni jumlah pemilih perempuan dimasukkan ke jumlah pemilih laki-laki, namun sudah dilakukan perbaikan," kata Komisioner KPU Kabupaten Banyuwangi, Edi Saiful Anwar.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019