Berdasarkan Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 tingkat KPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis, pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno menang tipis dari pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Dari 17 Kecamatan di Kabupaten Situbondo, Prabowo-Sandi memperoleh 203.812 suara (50,13 persen) danJokowi-Ma'ruf 202.789 suara (49,87 persen). Secara keseluruhan Prabowo-Sandi unggul tipis 1.023 suara.

Bila dihitung setiap kecamatan, Prabowo-Sandi menang di 10 kecamatan meliputi Kecamatan Sumbermalang, Jatibanteng, Besuki, Suboh, Mlandingan, Bungatan, Kendit, Panji, Arjasa, dan Jangkar.

Sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di tujuh kecamatan yakni Kecamatan Banyuputih, Asembagus, Kapongan, Situbondo, Panarukan, Banyuglugur, dan Mangaran.

Rekapitulasi dan penetapan perolehan suara pemilu serentak yang dilaksanakan di Aula Hotel Sansui, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, ini berlangsung lancar dan aman.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan bahwa rekapitulasi dan penetapan hasil perolehan suara Pemilu 2019 untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden selesai pada hari ini.

"Memang sempat ada kesalahan input data DPT saat pembacaan rekapitulasi, namun sudah terselesaikan dan dilanjutkan rekapitulasi hasil perolehan suara DPR RI dan DPD," ujarnya.

KPU Kabupaten Situbondo menargetkan, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 selesai hingga Jumat (3/5/19) besok.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019