Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Timur, April Wahyu Widati mengatakan pertumbuhan ritel di wilayah setempat pada 2019 diperkirakan berada di angka dua digit.

"Untuk itu, kami para peritel di tahun 2019 menargetkan pertumbuhan di angka tersebut, atau double digit, meski akan tetap ada perbaikan. Oleh karena itu harapan kami menjelang Pilpres nanti dari sisi konsumsi bisa naik, terutama makanan," kata April di Surabaya, Rabu.

Sebelumnya, Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey optimistis ekonomi Indonesia pada 2019 akan lebih bagus, dan beberapa indikator tersebut antara lain stabilnya harga di pasar hingga tingginya indeks kepercayaan konsumen.

"Persepsi keyakinan konsumen terhadap minat beli produk juga semakin baik dibanding tahun sebelumnya. Tingkat kemiskinan turun. Sehingga kemampuan daya beli masyarakat semakin tinggi," katanya.

Selain itu, pemasukkan atau income per kapita juga naik, menjadi 4.000 dolar AS per kapita per orang, sehingga tidak ada alasan untuk khawatir.

"Apapun situasi dan kondisinya, harus tetap optimistis dan terus berpikiran maju," ujarnya.***1***
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019