Situbondo (Antaranews Jatim) - Ribuan Ibu Nyai se-Tapal Kuda berkumpul di Gedung Serbaguna Situbondo, Jawa Timur, Selasa, untuk mendeklarasikan dukungan dan memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

"Kami memiliki komunitas ibu nyai dari sejumlah pesantren dan dari komunitas inilah kami kemudian mendeklarasikan diri bernama Nyai Bersatu, yang tujuannya adalah memenangkan pasangan Jokowi dan KH Maruf Amin," kata Ketua Relawan Nyai Bersatu Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin, Nyai Djuwairiyah Fawaid, usai deklarasi.

Ia menyampaikan jika deklarasi ribuan ibu nyai bersatu dukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin tidak lain bertujuan memberikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomer urut 01.

"Kami optimistis Jokowi-KH Ma'ruf Amin memperoleh suara 60 hingga 70 persen di wilayah Tapal Kuda," ucapnya.

Djuwairiyah menjelaskan, sebenarnya gerakan tersebut sudah ada sejak pencalonan Jokowi pada periode pertama dan saat itu komunitas nyai pesantren ini ikut memberikan dukungan melalui kaum perempuan, utamanya di Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi (wilayah Tapal Kuda).

"Saat ini kenapa kemudian gerakan ini dideklarasikan secara resmi? karena ini adalah keinginan dan keputusan bersama dari komunitas nyai-nyai itu dan sasaran kami sekarang meluas se-Tapal Kuda," papar Nyai Djuwairiyah yang juga istri almarhum Pengasuh ke-3 Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo KHR Fawaid As'ad Syamsul Arifin.

Sementara itu, Ketua Panitia Deklarasi Nyai Bersatu Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin, Zainiye, menuturkan jika deklarasi itu lebih kepada pembentukan relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Selain dihadiri para komunitas ibu nyai (istri kiai), undangan kaum perempuan rata-rata juga dihadiri dari tokoh perempuan serta dari sejumlah partai pengusung capres-cawapres nomor urut 01.

"Dari deklarasi ini tentunya bertujuan menyelaraskan misi untuk kemenangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Dari deklarasi inilah nantinya akan menjadi kekuatan politik yang sasarannya adalah memenangkan pasangan capres-cawapres yang kami dukung," ujar Wakil Ketua DPRD Situbondo itu.

Kegiatan Deklarasi Nyai Bersatu dukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Gedung Serbaguna Situbondo dihadiri ribuan ibu-ibu nyai dan parpol pengusung, juga ratusan kiai-kiai kampung yang memberikan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019