Blitar (Antaranews Jatim) - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kota Blitar, Jawa Timur, Kamis, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan beberapa bangunan mengalami rusak.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar Hakim Sisworo dihubungi Kamis malam, mengemukakan pohon tumbang itu terjadi di dua titik, yakni halaman SD Bendogerit I dan dekat rumah warga di Lingkungan Dawuhan, Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjen Kidul.

"Untuk yang di SD Bendogerit I Kota Blitar, ada pohon beringin tumbang. Namun, tidak sampai kena kelas dan hanya di teras saja. Karena sudah malam, jadi baru kami tangani besok tidak malam ini," katanya di Blitar.

Ia menambahkan, kejadian pohon ambruk di Lingkungan Dawuhan juga tidak sampai menimpa rumah warga. Sejumlah warga sudah mendengar suara gemuruh pohon hendak tumbang, lalu mereka gotong royong menahan pohon agar tidak sampai menimpa rumah.

"Yang di Dawuhan langsung kami tangani. Sebelum tumbang ditahan masyarakat, jadi tidak sampai terkena rumah. Hanya ada sedikit genteng yang rusak," kata dia.

Ia menambahkan, hujan disertai angin kencang sudah melanda wilayah Blitar sejak Kamis petang hingga malam. Hujan itu juga sesuai dengan informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya bahwa prakiraan cuaca mulai hujan, petir dan angin kencang akan terjadi selama tiga hari ke depan, mulai Selasa (22/1) hingga Kamis (24/1).
 
Pemerintah kota juga terus koordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk melakukan pencegahan, misalnya untuk pemotongan dahan pohon yang berpotensi mengakibatkan pohon tumbang, maupun mengecek saluran air, hinhgga memastikan kesiapan tim untuk siaga bersama relawan.

BMKG juga selalu memberikan informasi terkait dengan cuaca setiap harinya, sehingga menjadi pegangan dari petugas di daerah, termasuk di Kota Blitar. Masyarakat diminta untuk selalu waspada dan hati-hati saat akan melakukan aktivitas baik di sekitar rumah maupun di luar rumah. Selain itu diharapkan juga agar masyarakat terus memperhatikan informasi dari BMKG.

"Kami imbau masyarakat untuk waspada terhadap cuaaca, angin kencang dan hujan untuk tidak berlindung di sekitar lokasi yang rawan pohon tumbang atau bangunan roboh," kata Hakim. (*)

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Waspadai Angin Kencang Sepekan Mendatang
Baca juga: Angin Kencang Tumbangkan Sejumlah Pohon di Jember
Baca juga: Sejumlah Rumah di Trenggalek Rusak Diterjang Puting Beliung

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019