Surabaya (Antaranews Jatim) - Tenaga Ahli Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin melakukan peninjauan ke jalan ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, dengan didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hernawan serta Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan.
     
"Peninjauan ini sebagai bukti bahwa presiden memberi atensi terhadap peristiwa ini. Oleh karena itu, saya ingin melihat langsung, khususnya ruang publik yang rusak akibat peristiwa ini," kata Ngabalin, ditemui usai meninjau langsung dari dekat lokasi amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng.
     
Ngabalin akan melaporkan secara langsung hasil peninjauannya kepada Presiden Jokowi dan meminta masyarakat supaya tetap tenang serta tidak khawatir terkait peristiwa ini.
     
"Keamanan akan terjaga dengan baik, jadi masyarakat tidak usah khawatir karena situasi sudah dijaga oleh pihak kepolisian," katanya.
     
Ngabalin meminta kepada masyarakat mempercayakan penuh peristiwa ini kepada kepolisian untuk memeriksanya, sebab undang-undang memberikan kewenangan hal itu kepada kepolisian.
     
Terkait target, Ngabalin mendorong kepada aparat keamanan dan pemegang kebijakan daerah untuk bisa secepatnya menyelesaikan masalah ini, khususnya yang terkait dengan pelayanan publik.
     
"Karena ini jalan utama, maka Insya-Allah kami akan beri laporan secepatnya agar bisa segera diselesaikan," katanya.
     
Dalam tinjauannya, Ngabalin juga menyempatkan masuk ke lokasi proyek pembuatan parkir bawah tanah RS Siloam, didampingi beberapa awak media.
     
Seperti diberitakan sebelumnya, Jalan Raya Gubeng, Surabaya, tepatnya di sekitar gedung RS Siloam ambles sedalam kurang lebih 10 meter pada Selasa (19/12) malam.
     
Amblesnya jalan tersebut menyisakan lubang yang menganga dengan panjang lebih kurang 30 meter dan lebar sekitar 15 meter. (*)

Video Oleh A Malik Ibrahim
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018