Lumajang (Antaranews Jatim) - Festival Jharan Kencak untuk melestarikan budaya dan kesenian daerah digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Lumajang ke-763 di lapangan GOR Wira Bhakti di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu.
     
Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen melestarikan warisan budaya tak benda asli Kabupaten Lumajang tersebut. 
     
"Saya dan Bunda Indah berkomitmen melestarikan kesenian daerah dan saya lihat kuda-kudanya itu sudah luar biasa," kata Thoriqul Haq di Lumajang.
     
Ia berkeinginan agar Festival Jharan Kencak di Kabupaten Lumajang tersebut menjadi agenda budaya nasional, agar dikenal oleh masyarakat luas.
     
"Sebagai salah satu perhatian pemerintah kepada para seniman Jharan Kencak, saya meminta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk membentuk paguyuban seniman jharan kencak, agar pemerintah bisa memberikan bantuan melalui dana hibah," tuturnya.
     
Sementara itu, Bunda Indah mengatakan masyarakat Lumajang wajib berbangga dan melestarikan warisan budaya asli Kabupaten Lumajang, sehingga Pemkab Lumajang akan mencari lagi potensi budaya asli lumajang, selain jharan kencak.
     
Ketua Panitia Festival Jharan Kencak Indriyanto mengatakan kegiatan festival tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para seniman, agar tetap konsisten dalam pelestarian kesenian daerah yang sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda Kabupaten Lumajang tersebut.
     
Kuda-kuda itu mengikuti irama tetabuhan berupa gong, kenong, ketipung, dan sronen (sejenis terompet) yang dimainkan tujuh hingga sembilan orang yang berjalan di belakangnya. Festival Jharan Kencak tersebut melibatkan 150 kuda, 30 kuda kencak dan 120 kuda manten.
     
Setelah pertunjukan di lapangan GOR Wira Bhakti, ratusan Jharan Kencak itu diarak menuju Alun-alun Lumajang melalui Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan PB. Sudirman dan Jalan S. Parman dan finish di Alun-alun Utara Lumajang.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018