Malang (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Trenggalek berupaya mendorong munculnya inovasi pada berbagai bidang dari wilayah perdesaan, yang diharapkan mampu menumbuhkan sektor perekonomian di masing-masing wilayah.

Bupati Trenggalek Emil Elestiano Dardak di Malang, Rabu, mengatakan, selama ini pemkab telah menyiapkan insentif bagi desa-desa yang mampu melahirkan inovasi dan memberikan ekosistem yang mendukung masing-masing daerah bisa lebih kreatif.

"Jika mereka memiliki inovasi, akan mendapatkan reward dan anggaran tambahan berbentuk bantuan desa. Bisa sampai beberapa ratus juta, itu cukup untuk mendorong inovasi mereka supaya terwujud," ujar Emil, seusai menerima penghargaan Desa Sadar Hukum di Balai Kota Malang.

Emil menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada desa-desa yang memiliki inovasi tersebut bukan merupakan dana desa atau alokasi dana desa, melainkan anggaran yang seharusnya dialokasikan pada dinas terkait, namun diberikan ke desa-desa yang memiliki inovasi.

"Jadi, ada keberpihakan bantuan keuangan khusus desa. Memang mengurangi jatah dari dinas, tapi buat kami pembangunan itu untuk setiap masyarakat dan harus berada pada setiap lini. Jika desa lebih efektif, kita percayakan di desa," kata Emil.

Selain memberikan dana bantuan kepada desa-desa yang memunculkan inovasi, Emil juga memberikan Soetran Award bagi desa yang memiliki inovasi pelayanan dan pembangunan.

Penghargaan tersebut memiliki tiga kategori, yaitu desa inovatif dalam bidang pelayanan masyarakat, desa inovatif dalam bidang pembangunan, dan desa yang memiliki inovasi dalam bidang pengembangan perekonomian.

"Bukan mengejar penghargaan, tapi memberikan satu petunjuk untuk desa-desa dengan pedoman dari kami," tambah Emil Dardak, yang merupakan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024.

Rencananya, untuk memperkuat pengembangan desa-desa di wilayah Jawa Timur, Pemkab Trenggalek juga akan memperkuat tenaga penyuluh yang ada.

Dengan memperkuat peran penyuluh dan menerapkan pengalaman yang didapatnya semasa menjadi bupati, Emil meyakini bahwa desa-desa yang ada di wilayah Jawa Timur akan semakin berkembang dan menghasilkan inovasi yang berkelanjutan.

Sementara itu, pada acara pemberian penghargaan Desa Sadar Hukum, Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu penerima penghargaan Anubhawa Sasana bagi desa atau kelurahan yang sadar hukum.

Penghargaan yang diberikan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kabupaten Trenggalek merupakan daerah penerima penghargaan terbanyak dengan total sebanyak 28 desa dan satu kelurahaan sadar hukum. (*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018