Surabaya (Antaranews Jatim) - Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa mendorong berbagai lembaga pendidikan untuk bersaing menguatkan kualitas sumber daya manusia di provinsi setempat.

Khofifah yang juga Ketua Umum Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah Surabaya itu, Minggu siang, meresmikan Gedung Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Khadijah 3 Surabaya di Jalan Raya Lontar, Candi Lempung, Surabaya.

"Gedung baru di SD Khadijah 3 Surabaya ini juga menjadi bagian dari proses penguatan SDM," katanya kepada wartawan di sela peresmian.

Mantan Menteri Sosial itu memaparkan kualitas SDM diukur dari indeks pembangunan manusianya, kemudian kesehatannya dan terakhir adalah income atau penghasilannya.

Khofifah menyebut indeks pembangunan manusia di Jawa Timur tergolong rendah jika dibandingkan dengan tiga provinsi lainnya di wilayah Pulau Jawa.

Untuk itu, dia memacu berbagai lembaga pendidikan yang ada di Jawa Timur agar berkompetisi demi meningkatkan kualitas indeks pembangunan manusia dan SDM masyarakat di provinsi setempat.

Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu menekankan kemajuan di berbagai bidang yang diraih Jawa Timur selama ini juga harus didorong dengan peningkatan kualitas SDM dan indeks pembangunan manusianya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018