Lumajang, (Antaranews Jatim) - Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap kebijakan strategis yang tertuang dalam rancangan APBD 2019 mampu mendongkrak angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lumajang.

"Ada dua alasan penting mengapa IPM menjadi fokus perhatian kami pada tahun 2019," kata Thoriqul dalam rapat paripurna penyampaian nota penjelasan Bupati Lumajang terhadap rancangan APBD tahun anggaran 2019 di DPRD Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin.

Menurutnya alasan pertama karena IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat  Lumajang, kemudia IPM juga digunakan untuk mengklasifikasikan apakah suatu daerah itu maju atau terbelakang, serta memiliki daya saing yang bagus atau tidak.

"Untuk program/kegiatan serta kebijakan Bupati sebelumnya yang relevan dan selaras dengan program-program kami, tetap akan dilaksanakan dengan berbagai penyempurnaan," tuturnya.

Ia menjelaskan Kabupaten Lumajang memiliki potensi yang sangat besar di berbagai bidang, sehingga dalam rangka mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) akan menerapkan beberapa kebijakan.

"Kebijakan seperti memperbaiki regulasi tata niaga dan pengelolaan tambang pasir untuk mendongkrak peningkatan PAD melalui pajak mineral bukan logam dan batuan, serta evaluasi dan penyempurnaan regulasi yang mengatur retribusi daerah," ujarnya.

Pendapatan asli daerah Lumajang tahun 2019 ditargetkan sebesar Rp310.335.814.687 atau naik sebesar 10 persen dari target 2018 setelah perubahan dan kenaikan 10 persen tersebut disumbang dari hasil pajak daerah dan hasil retribusi daerah.

Sementara belanja daerah, lanjut dia, diarahkan terhadap program prioritas hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang), serap aspirasi masyarakat, dan kebijakan strategis lainnya dengan menerapkan fungsi alokasi dan distribusi pengeluaran anggaran yang tepat. 

"Penyusunan anggaran berbasis program/ kegiatan prioritas berdasarkan pola 'money follow priority' program, penerapan anggaran berdasarkan atas skala prioritas, terutama program peningkatan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur serta pelayanan publik," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati yang akrab dipanggil Cak Thoriq itu menyerahkan naskah nota penjelasan rancangan APBD 2019 kepada ketua DPRD Kabupaten Lumajang Agus Wicaksono.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018