Situbondo (Antaranews Jatim) - Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, telah mengalokasikan sekitar Rp5 miliar pada APBD Tahun Anggaran 2019 untuk kegiatan (event) menyambut tahun kunjungan wisata 2019 yang dicanangkan pemerintah daerah setempat.

"Anggaran sekitar Rp5 miliar itu akan dipergunakan berbagai kegaiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata tahun depan," ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Situbondo, Sofwan Hadi di Situbondo, Jumat.

Ia menjelaskan, tema APBD 2019 di Kabupaten Situbondo yakni "Ketahanan Pangan dan Kepariwisataan", maka berdasarkan kebijakan bupati, konsep pariwisata 2019 adalah konsep wisata konservasi dan religi, sehingga semua terkait dengan pengembangan destinasi wisata maupun kegiatan-kegiatan lainnya harua mengacu pada konservasi dan religi.

Untuk mendukung konsep pariwisata konservasi dan religi, katanya, pada APBD 2019 Dinas Pariwisata telah merumuskan berbagai program kegiatan yang dikemas untuk menunjang tahun kunjungan wisata 2019.

Selain itu, lanjut Sofwan, di APBD 2019 Dinas Pariwisata juga mengalokasikan dana hibah untuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Situbondo sebesar Rp1 miliar.

"Dana hibah Rp1 miliar untuk BPPD itu, nantinya BPPD turut mempromosikan semua objek wisata di Situbondo serta membantu pengemasan dan desain terhadap pengelola wisata," katanya.

Ia menambahkan, Badan Promosi Pariwisata Daerah Situbondo, pada Tahun Anggaran 2018 hanya mendapatkan dana hibah Rp100 juta sebagai biaya operasional lembaga yang bertugas mempromosikan wisata di daerah. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018