Malang (Antaranews Jatim) - Kementerian Agama merilis bank data artikel dan referensi terkait riset keagamaan yang dibentuk dalam sistem layanan bernama Ministry Religious Affair Bank of Article (MORABASe) dan Ministry Religious Affair Reference (MORAREF).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan peluncuran dua aplikasi tersebut bisa membantu masyarakat dalam upaya untuk mengembangkan dunia penelitian di Indonesia dan secara luas untuk dunia internasional.

"Ini harus terus dinamis, tidak boleh statis. Ini tidak sebatas hal-hal yang dilakukan oleh civitas akademika di Indonesia saja, tetapi harus dibuka secara internasional," kata Lukman, dalam sambutannya pada The 3rd International Conference on University-Community Engagement 2018 (ICON UCE), di Kota Malang, Senin.

Dengan peluncuran MORABASe dan MORAREF ini, Menag berharap aplikasi itu mampu memberikan akses kepada siapapun tentang hasil-hasil penelitian ataupun kajian yang sudah dipublikasikan. Selain itu, dengan adanya penelitian dan kajian tersebut, bisa memberikan konektivitas dengan perguruan tinggi yang ada di luar negeri.

MORABASe dan MORAREF merupakan hasil inovasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama di bidang peningkatan hasil riset yang terpublikasi dan layanan jurnal yang memiliki reputasi.

Kedua sistem tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan proses reproduksi ilmu pengetahuan, sekaligus peningkatan kompetensi fungsional dosen dan akreditasi perguruan tinggi keagamaan Islam.

MORABASe merupakan aplikasi yang mampu mempertemukan dosen, peneliti, dan penulis yang ingin mengirimkan tulisan dan hasil-hasil risetnya pada jurnal yang bereputasi. Para pengelola jurnal membutuhkan sejumlah artikel yang layak untuk dimuat dan memiliki bobot kualitas tinggi.

Sementara MORAREF merupakan portal akademik yang dikelola oleh Asosiasi Pengelola Jurnal, Penerbit Universitas, dan Lembaga Penelitian di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Peluncuran dua aplikasi tersebut dilakukan bersaamaan dengan pembukaan The 3rd International Conference on University-Community Engagement 2018 (ICON UCE), di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Kota Malang, Jawa Timur.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018