Surabaya (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kota Surabaya membuka posko peduli bencana gempa bumi disertai tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah di Balai Kota Surabaya, Senin. 
     
Kepala Bidang Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPB Linmas Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan pendirian posko tersebut merupakan instruksi langsung dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang prihatin atas musibah yang terjadi di Palu dan Donggala.
     
"Mulai Senin ini, Pemkot Surabaya menyiapkan posko bantuan peduli bencana di Palu dan Doggala," kata Yusuf.
     
Menurut dia, tujuan pendirian posko tersebut untuk memfasilitasi masyarakat atau pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya yang akan mendonasikan bantuan kepada para korban bencana gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. 
     
"Barangkali ada masyarakat atau teman-teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ingin membantu, kami siapkan di sini poskonya," ujarnya.
     
Ditanya wujud bantuan seperti apa yang saat ini paling dibutuhkan, Yusuf mengaku sementara ini, kebutuhan yang paling mendesak untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala adalah bahan makanan, seperti beras, biskuit dan susu. 
     
Selain itu, lanjut dia, kebutuhan seperti tenda dan terpal juga dianggap mendesak di sana. "Jadi logistik itu seperti bahan makanan yang nanti kami siapkan seperti beras, susu, biskuit, dan roti untuk stamina warga di sana," katanya.
     
Dengan dibukanya posko penyaluran bantuan ini, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat atau pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya yang ingin mendonasikan bantuan bisa datang langsung ke halaman Balai Kota Surabaya. 
     
Ia juga berharap kepada warga Surabaya untuk peduli membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah bencana di Palu dan Donggala. "Kalau mau membantu saudara-saudara kita yang sedang diuji bencana, kami bisa membantu memfasilitasi untuk menyampaikan di sana," ujarnya.
     
Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser menambahkan Pemkot Surabaya selain memberikan bantuan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Dongala, pihaknya juga mengaku akan memfasilitasi masyarakat untuk menyalurkan bantuan kepada para korban di sana.
     
"Selain memberikan bantuan kepada para korban, kami pemerintah kota juga menyalurkan bantuan ke sana. Silahkan bagi masyarakat yang ingin menyumbang untuk saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah bisa datang langsung ke Balai Kota Surabaya," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018