Ponorogo, 6/9 (Antara) - Puluhan ribu warga menyambut kedatangan Aji Bangkit Pamungkas, atlet peraih medali emas cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018 saat tiba di daerah kelahirannya, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis.

Warga sudah menunggu kedatangan Aji di wilayah perbatasan Ponorogo-Kabupaten Madiun, Jawa Timur yang sebelumnya menempuh perjalanan darat dari Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah.

Begitu tiba, Bangkit pindah ke mobil terbuka. Dia berdiri di atas mobil terbuka didamping Kepala Staf Kodim (Kasdim) Ponorogo Mayor Inf M. Yusuf dan Wakapolres Ponorogo Kompol Moh Roni Mustofa.

Mobil yang ditumpangi bangkit berada di belakang mobil patwal Polres Ponorogo dan Dinas Kominfo yang memutar lagu "Meraih Bintang" yang dilantunkan pedangdut Via Vallen.

Sedangkan di belakangnya puluhan mobil berbagai komunitas mengiringi perjalanan menuju Alun-alun Ponorogo.

Di sepanjang perjalanan dari perbatasan Ponorogo-Madiun hingga Alun-alun Ponorogo sejauh sekitar 12 kilometer, Aji disambut oleh ribuan warga yang berjajar di tepi jalan.

Sebagian besar di antaranya adalah para pelajar, mulai SD, SMP, SMA, SMK dan MA bersama gurunya. Mereka membawa bendera-bendera kecil terbuat dari plastik. Sebagian lagi masyarakat umum, para pegawai negeri, swasta, dan pesilat.

Sekitar 200 meter menjelang panggung penyambutan di Alun-alun Ponorogo, mobil melaju pelan mengikuti pelajar yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaka) yang berbaris membawa bendera.

Begitu tiba di panggung penyambutan, Aji Bangkit Pamungkas langsung dipeluk oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muhclissoni.

"Aji Bangkit Pamungkas, seluruh masyarakat Ponorogo berterima kasih atas prestasi yang kau raih. Prestasi yang luar biasa," kata Bupati Ipong saat memberikan sambutan.

Prestasi yang diraih Aji yaitu mendapatkan medali emas cabang olahraga pencak silat di Asian Games 2018, kata Ipong sambil menambahkan ahwa prestasi itu merupakan yang pertama diraih warga Ponorogo.

"Atas nama seluruh masyarakat Ponorogo saya ucapkan selamat kepadamu, Aji Bangkit Pamungkas. Ternyata kalau rajin, tekun dan bekerja keras, apa yang kita cita-citakan bukan sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan," ucapnya.

Sementara itu, Aji Bangkit merasa senang dan bangga atas sambutan masyarakat Ponorogo terhadap kedatangan dirinya.

"Ini sambutan yang sangat luar biasa. Saya senang dan bangga. Kebanggaan yang saya rasakan juga dirasakan oleh masyarakat Ponorogo," kata Aji.

Atas prestasi yang diraih, ia menerima bonus uang Rp100 juta dari Pemkab Ponorogo yang secara simbolis diserahkan Bupati Ipong. Selain itu, Bangkit juga menerima bonus dari Bank Jatim sebesar Rp10 juta.
Video Oleh Siswowidodo
 

Pewarta: Siswowidodo

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018