Surabaya (Antaranews Jatim) - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin berharap polisi wanita (polwan) di wilayah itu bisa menduduki posisi penting dalam kepolisian suatu saat nanti.

Kapolda Jatim saat peringatan HUT Polwan ke-70 di Mapolda Jatim Surabaya, Rabu berharap akan ada Kapolres yang ada di Polres Jajaran Jatim dari polwan.

"Saya harap Polwan bisa lebih dewasa, nanti harus ada Kapolres dari Polwan. Ke depan bisa seleksi pimpinan (sespim) dan menduduki posisi penting di kepolisian, bahkan bisa menjadi Kapolda seperti dulu," ujarnya.

Machfud mengakui dalam struktur pejabat utama (PJU) di Polda Jatim saat ini belum ada yang Polwan. Untuk itu, dia berharap beberapa posisi penting dapat diisi oleh Polwan.

"Gubernur Jatim saat ini wanita, ke depan paling tidak Polwan bisa menduduki Wakapolda Jatim," katanya.

Banyak prestasi yang dicapai polwan Jatim seperti juara menembak, juara baca Al Quran, karate yang menandakan polwan di Jatim dapat berprestasi di bidang lain selain tugas pokok polisi.

"Polwan perannya juga penting di tahun politik, sama seperti polisi laki-laki yang menjalankan fungsi-fungsi kepolisian pada umumnya," tuturnya.

Meski berprestasi, Machfud menyayangkan jumlah personel polwan di Jatim yang masih sangat sedikit. Pasalnya penerimaan polwan tergantung penerimaan di Mabes Polri terutama para Bintara.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018