Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Warga Kampung Edukasi Sampah RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, menghias kampung mereka dengan tema Asian Games 2018 untuk menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia.

Edi Priyanto selaku ketua RT.23 Sekardangan mengatakan, hias kampung ini dilakukan untuk menyambut 73 tahun Kemerdekaan RI sekaligus menyemarakkan Asian Games 2018.

"Warga tidak tanggung-tanggung merogoh kocek sendiri untuk merenovasi dan menghias gapura dengan branding 73 tahun Indonesia Merdeka dan Asian Games 2018," katanya.

Ia mengatakan, antusias maayarakat tersebut bisa dikategorikan sebuah "demam" yang positif, dalam menyambut Kemerdekaan RI serta penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dengan merenovasi dan menghias gapura Kampung Edukasi Sampah.

"Logo HUT RI dan Asian Games tidak ketinggalan bahkan terlihat 3 maskot Asian Games 2018 yaitu Bhin bhin, Atung dan Kaka. Tiga mascot tersebut merepresentasikan energy yang berbeda dengan nilai keberagaman dan kesatuan," ujarnya.

Ia mengatakan, jiwa "Energy of Asia" diibaratkan sebagai bentangan keberagaman budaya, bahasa dan peninggalan sejarah, sehingga saat semua elemen tersebut bersatu maka akan menjadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia.

"Hal ini juga mengandung nilai yang dipegang teguh oleh Indonesia, berbagai ragam rumah bagi ratusan etnis dengan berbagai bahasa, namun tetap satu dibawah filosofi Bhineka Tunggal Ika," katanya.

Ia menjelaskan, desain dan hiasan gapura tersebut sebenarnya memiliki maksud agar mampu membawa semangat positif dari penyelenggaraan Asian Games 2018 sehingga masyarakat termotivasi semakin gemar berolahraga.

"Guna menyemarakkan kegiatan selama Agustus ini, kami juga menyelenggarakan serangkaian kompetisi dan lomba berupa olahraga dan permainan tradisional. Kami memanfaatkan jalan yang disekitar rumah warga sebagai arena permainan bagi anak-anak, seperti mini sepakbola, mini bulutangkis, ular tangga, gobak sodor, aneka engklek, boi boian," ujarnya.

Agus Maulidi, Camat Sidoarjo yang turut melakukan pemantauan dilokasi mengapreasiasi semangat dan motivasi warganya dalam rangka turut serta menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia dan penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Saya berharap kegiatan seperti yang telah dilakukan oleh warga Kampung Edukasi Sampah RT.23 RW.07 Sekardangan ini bisa menjadi sebuah contoh kegiatan yang positif yang diharapkan bisa cepat menular kepada warga di wilayah lain, sehingga kesemarakkan dan semangat menyambut kemerdekaan sekaligus mendukung suksesnya Asian Games 2018 dapat tergelorakan pada semua lapisan masyarakat," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018