Bogor (Antara) - Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M Christian dengan upacara kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Rombongan Presiden Peter tiba di Istana Bogor pukul 10.00 WIB langsung disambut iring-iringan pasukan drum band Paspampres yang diikuti pasukan berkuda serta pasukan berpakaian prajurit kerajaan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kedatangan Presiden Federasi Serikat Mikronesia juga disambut dengan seni Gordang Sembilan dari Mandailing, Sumatera Utara dan para siswa yang berpakaian adat dengan mengibarkan kedua bendera kedua negara.

Presiden Peter langsung disambut Presiden Jokowi di halaman depan Istana Bogor yang dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan.

Lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan di bawah iringan 19 kali dentuman meriam. Usai inspeksi pasukan dalam upacara penyambutan, Presiden Jokowi dan Presiden Peter memasuki gedung utama Istana Bogor.

Setelah mengisi buku tamu, kedua pemimpin negara ini menanam pohon bersama di halaman belakang dan berlanjut perbincangan santai di beranda belakang Istana.

Selanjutnya Presiden Jokowi dan Presiden Peter melakukan pertemuan bilateral bersama para delegasi Indonesia dan Federasi Mikronesia yang dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dan pernyataan pers bersama.

Beberapa Menteri Kabinet Kerja mendampingi Presiden Jokowi menyambut Presiden Federasi Serikat Mikronesia ini diantaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Federasi Mikronesia adalah sebuah negara kepulauan berdaulat di Samudera Pasifik yang yang terdiri atas empat negara bagian, yaitu Yap, Chuuk, Pohnpei dan Kosrae yang tersebar di seluruh Samudera Pasifik Barat.

Federasi Mikronesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas sekitar 607 pulau dan membujur dengan jarak hampir 2.700 kilometer (km) atau 1.678 mil tepat di utara Khatulistiwa.

Mikronesia terletak sebelah timur laut dari Pulau Papua, selatan Guam dan Kepulauan Mariana, barat Nauru dan Kepulauan Marshall, sebelah timur dari Filipina.

Ibu Kota Federasi Mikronesia ini adalah Palikir yang terletak di Pulau Phonpei, sedangkan kota terbesarnya adalah Weno yang terletak di Atol Chuuk. (*)

Pewarta: Joko Susilo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018