Madiun (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jatim memecahkan rekor dan berhasil tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) setelah menyajikan 16.825 nasi pecel pincuk dalam kegiatan Festival Nasi Pecel Pincuk di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun, Jumat.

Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan pemecahan rekor MURI tersebut merupakan kegiatan untuk memperingati HUT ke-100 Kota Madiun serta bagian dari upaya pemda mempromosikan Kota Madiun sebagai Kota Pecel dan penghasil sambal pecel.

"Kegiatan dan penobatan rekor MURI ini upaya dari kami untuk mempromosikan Kota Madiun sebagai kota pecel," ujar Sugeng Rismiyanto kepada wartawan.

Sugeng mengatakan lewat penobatan MURI tersebut dapat mengangkat kuliner khas Kota Madiun, sambal pecel dan nasi pecel, hingga tingkat nasional, bahkan internasonal.

"Ini juga sebagai pendongkrak para pelaku bisnis makanan khas Kota Madiun nasi pecel agar bangga karena nasi pecel telah masuk dalam MURI dan tercetak rekornya hingga tingkat dunia," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Pemkot Madiun melibatkan ratusan kader PKK hingga tingkat kelurahan, pelaku UMKM produsen sambal pecel, serta para pelaku usaha nasi pecel.

"Kami libatkan PKK, UKMM, juga partisipasi semua dinas, BUMN, BUMD, dan prhotelan. Hasilnya sangat luar biasa. Dari target 16.000 nasi pecel pincuk, kami berhasil menyajikan 16.825 nasil pecel pincuk dalam kegiatan tersebut," katanya.

Eksekutif Manajer MURI Sri Widayati menyatakan sajian sebanyak 16.825 nasi pecel pincuk telah berhasil masuk rekor baru MURI dan tercatat sebagai rekor ke 8.476.

"Kegiatan hari ini merupakan rekor baru spektakuler menyajikan sebanyak 16.825 nasi pecel pincuk dan kemudian dinikmati bersama-sama," kata Widayati.

Sebelumnya, lanjut Widayati, Kota Madiun sudah pernah memecahkan rekor MURI selain penyajian nasi pecel pincuk terbanyak. Capaian rekor MURI yang diraih Kota Madiun di antaranya penyajian nasi pecel sebanyak 9.217 pincuk dan madumongso sepanjang 1.700 meter di tahun 2011, serta sambal pecel terpanjang dengan panjang 1.292 meter di tahun 2007.

Adapun, sajian sebanyak 16.825 nasi pecel pincuk oleh Kota Madiun ini berhasil mengalahkan rekor jumlah pecel pincuk terbanyak yang selama ini dipegang Kabupaten Blitar dengan 14.730 nasi pecel pincuk pada tahun 2016.

Usai dikukuhkan masuk rekor MURI, ribuan warga yang memadati sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun menikmati sajian nasi pecel pincuk tersebut bersama-sama. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018