Magetan (Antaranews Jatim) - Ratusan warga menggelar tradisi "Nyekar Agung" untuk mendoakan arwah keluarganya yang sudah meninggal di Desa Sobontoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Magetan, Mansyur Abdullah menuturkan kegiatan Nyekar Agung dimaksudkan untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk melakukan ziarah kubur.

"Kegiatan Nyekar Agung ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali masyarakat untuk melakukan ziarah kubur sebelum datangnya Idul Fitri dan berakhirnya bulan Ramadhan," kata Mansyur Abdullah yang ditemui di pemakaman umum tempat digelarnya tradisi ziarah kubur bersama-sama di Kecamatan Karas tersebut.

Selain itu, lanjut Mansyur, kegiatan Nyekar Agung juga untuk mengingat kematian.

"Setiap kita datang ke kuburan, akan mengingatkan pada kematian. Sebagaimana pesan Rasulullah Muhammad : `Cukuplah dengan mengingat kematian itu sebagai nasihat di dalam diri kita masing-masing`," katanya.

Menurut Mansyur, di desa tersebut dulu sebenarnya sudah ada tradisi ziarah ke makam yang dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat.

Namun sejak beberapa tahun terakhir mulai memudar, sehingga perlu dihidupkan kembali.

Ratusan warga, tua, muda, laki-laki, perempuan sebelum menuju ke makam, terlebih dahulu mengikuti peluncuran "Kampoeng NU".

Setelah itu mereka berjalan beriringan menuju makam berjarak sekitar satu kilometer.

Di areal makam, mereka melakukan doa bersama dilanjutkan tabur bunga di makam keluarganya masing-masing dan dilanjutkan kenduri bersama di halaman masjid.(*)
Video Oleh Siswo Widodo
 

Pewarta: Siswowidodo

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018