Jakarta (Antara) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melepas 3.693 pemudik prajurit TNI AL dan keluarganya di Lapangan Apel Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Tmur, Jumat.

Rombongan mudik gratis itu terdiri atas personel Mabesal 1.641 orang dengan alokasi 31 bus, Komando Armada 1 sebanyak 432 orang dengan alokasi 8 bus, Kolinlamil 270 orang dengan alokasi 5 bus, Seskoal 270 orang dengan alokasi 5 bus, Pushidrosal 270 orang dengan alokasi 5 bus, Kormar 540 orang dengan alokasi 10 bus, dan Lantamal III sebanyak 270 orang dengan alokasi 5 bus.

Pada tahun 2018, kata Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, TNI Angkatan Laut akan menyediakan angkutan mudik gratis sebanyak 69 bus dengan tujuan Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.

Ia berharap penyediaan angkutan mudik gratis itu membantu dan memberikan kemudahan pada prajurit serta keluarga prajurit TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan mudik Lebaran.

Program yang digelar setiap tahun ini merupakan wujud perhatian pimpinan TNI Angkatan Laut guna mengantisipasi berbagai risiko selama perjalanan.

"Fasilitasi yang diberikan pimpinan TNI AL bersama Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub ini untuk memperkecil risiko kecelakaan lalu lintas di jalan selama proses mudik Lebaran. Kita tahu banyak prajurit yang mudik menggunakan sepeda motor. Makanya, dengan fasilitas mudik gratis ini, mereka bisa mudik dengan nyaman dan aman," kata KSAL.

Menurut dia, dari jumlah keseluruhan 69 bus yang dikerahkan sebagian besar merupakan bentuk kerja sama antara TNI Angkatan AL dan Bank Mandiri, BNI, BRI, dan Kementerian Perhubungan.

Ia menyebutkan sebanyak 25 bus merupakan dukungan Bank Mandiri, 15 bus dukungan dari BNI, 10 bus dukungan BRI, 5 bus dukungan Kemenhub, dan 14 bus kendaraan dinas (randis) TNI AL.

TNl AL juga melengkapi rombongan mudik dengan pengawalan Polisi Militer pada setiap rombongan serta melaksanakan pengecekan kesehatan den tes urine bagi para personel yang bertugas sebagai pengemudi bus mudik lebaran.

"Saya meminta pengemudi agar menjaga keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang sehingga berjalan aman dan lancar. Saya akan berikan 'vitamin' kepada para pengemudi, masing-masing sebesar Rp1,5 juta," kata Siwi. (*)

Pewarta:  Syaiful Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018