Paris (Antara/Reuters) - Fosil yang terdiri dari kerangka sepanjang 9 meter (30 kaki) dari jenis dinosaurus yang tidak dikenal, diyakini sebagai dinosaurus spesies baru, berhasil terjual lebih dari 2,3 juta dollar AS melalui sebuah lelang di lantai pertama Menara Eiffel di Paris, Senin.

Fosil itu, digali di Amerika Serikat bagian Barat pada tahun 2013, hanya diketahui sebagai fosil dinosaurus karnivora besar. Para ilmuwan yang telah mempelajarinya mengatakan ada beberapa perbedaan dengan spesies yang selama ini dikenal.

"Pembeli itu kerangka Dinosaurus adalah warga Perancis dan dia memberi tahu saya sebelum penjualan.  Jika saya berhasil membelinya, saya akan membolehkan publik melihat dan menakjubkannya. Semua orang akan dapat melihatnya, itu akan segera dipinjamkan ke museum, itu akan dipelajari oleh para ilmuwan, semuanya sempurna," kata juru lelang Claude Aguttes.

Penjualan dinosaurus  itu tadinya diperkirakan sebesar 2,1 juta dollar AS, tapi ternyata berhasil dijual dengan harga lebih 2,3 juta dollar AS.

Rumah lelang Perancis sebelumnya telah berhasil menjual kerangka mammoth dan dinosaurus lain.

Pelelangan, di Paris, Senin memungkinkan  pembeli mungkin memberikan nama yang baru spesies, yang sempat memicu keberatan dari asosiasi peneliti Amerika.

 Sebagian dari hasil lelang akan disumbangkan ke dua kegiatan amal yang bekerja untuk mencegah hewan (spesies) yang terancam punah, termasuk cheetah dan margasatwa laut lainnya. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018