Surabaya (Antaranews Jatim) - Sekitar 1.500 dari 275 grup akan meramaikan Festival Rujak Uleg Surabaya 2018 yang digelar di Kya Kya Jalan Kembang Jepung Kota Surabaya pada Minggu (13/5).

"Untuk tahun ini akan kita tambahi hiburan dengan barongsai, reog serta penampilan tari-tarian tentang rujak uleg," kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Irvan Widyanto saat menggelar jumpa pers di Humas Pemkot Surabaya, Jumat.

Menurut dia, adapun para peserta yang akan mengikuti Festival Rujak Uleg

dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-725 terdiri dari kelurahan/kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya, peserta umum, peserta dari hotel, serta tamu kehormatan dari dalam dan luar negeri.

Selain itu, lanjut Irvan, Disbudpar Surabaya juga akan melakukan beberapa sentuhan baru dalam Festival Rujak Uleg 2018 agar lebih menarik dan unik, sehingga menjadi tontonan bagi warga Surabaya.

"Jika sebelumnya untuk cobek yang digunakan berukuran sebesar 1,5 meter, maka untuk tahun ini akan diperbesar menjadi 2,5 meter," katanya.

Sementara untuk total hadiah, lanjut dia, panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp97,5 juta. Sebanyak 60 grup penampil terbaik (non rangking) masing-masing akan mendapatkan uang sebesar Rp1,5 juta yang akan dipotong pajak sebesar 15 persen.

"Kemudian juga, kita pilih lima penampil terbaik untuk kostumnya, itu juga masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar Rp1,5 juta," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Satpol PP Kota Surabaya ini. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018