Situbondo (Antaranews Jatim) - SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dalam program Pendidikan Ritail Alfamart Class.

"Program Alfamart Class ini merupakan inisiatif yang baik dari perusahaan swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di sekolah menengah kejuruan," kata Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Panji, Kabupaten Situbondo, Kumudawati di sela peresmian Laboratorium Ritail Alfamart di Situbondo, Rabu.

Ia mengatakan, dengan adanya kerja sama dalam hal pendidikan patut disyukuri karena madih ada perusahaan swasta yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan SMK di?Situbondo. Dan melalui kerja sama ini diharapkan lulusan SMK ke depan siap kerja karena telah memiliki standar kompetensi yang dibutuhkan oleh industri (perusahaan).

Menurutnya, kurikulum ritail ini bisa menjadi alternatif yang bagus bagi siswa SMK,?karena karirnya sudah terarah dan?lulusan SMK mempunyai pilihan untuk bekerja langsung di industri ritail atau membuka usaha ritail secara mandiri.

"Tercatat ada 72 siswa dan siswi kelas 10, 11 dan kelas 12 SMKN 1 Panji yang sudah direkrut dalam program Pendidikan Alfamart Class, semuanya dari jurusan pemasaran," katanya.

Sementara Kepala Cabang Alfamart Jember, Yosia Andika Pakiding mengatakan Alfamart Class di SMKN?1 Panji Kabupaten Situbondo?ini merupakan yang ke-8, dan sebelumnya juga telah bekerja sama dengan SMK di kabupaten lain, seperti Bondowoso, Banyuwangi dan Lumajang.

"Tentunya program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang siap pakai untuk industri ritail, karena perusahaan ingin membantu pemerintah daerah dalam menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK khususnya," katanya.

Ia menambahkan, program Alfamart Class diharapkan mampu meningkatkan kualitas lulusan SMK dan sekaligus menjadi solusi yang menguntungkan bagi berbagai pihak.

Sementara Anang Riki, salah seorang siswa mengaku senang dengan adanya Alfamart Class di sekolahnya karena bisa praktek langsung di sekolah tanpa harus di luar sekolah.

"Bagi kami siswa, program ini sangat menguntungkan karena setelah lulus bisa langsung bekerja," tuturnya.

Data diperoleh, PT Sumber Alfaria Trijaya juga menghibahkan Laboratorium Ritail (business center) berupa toko Alfamart sebagai media praktik belajar siswa SMK. (*)
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018