Tuban (Antaranews Jatim) - Calon wakil gubernur di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) Emil Elestianto Dardak menyarankan agar siswa-siswi Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat menimba pengalaman terlebih dahulu pasca kelulusannya.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jatim 2018 itu dikerubuti rombongan siswa tingkat akhir dari sebuah Madrasah Aliyah saat berziarah di Makam Sunan Bonang, Kutorejo, Tuban, Jawa Timur, Kamis.

Kebanyakan dari mereka ingin memanfaatkan pertemuan yang tidak disengaja tersebut untuk berswafoto.

"Adik-adik setelah lulus nanti rencananya mau langsung bekerja atau melanjutkan kuliah," ucap suami artis Arumi Bachsin itu.

Jawaban siswa beragam, ada yang menyatakan ingin kerja, sebagian memastikan akan melanjutkan kuliah.

Emi pun menyarankan agar pasca kelulusan siswa-siswi SMA atau yang sederajat untuk lebih banyak menimba pengalaman.

"Jangan berorientasi uang dulu tapi gunakanlah dua tahun pertama pasca lulus sekolah untuk membangun pengalaman," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, sejumlah siswa juga mengeluhkan kondisi orang tuanya yang tak mampu membiayai jika masuk ke perguruan tinggi negeri.

Salah seorang siswi malah mengaku sudah diterima di perguruan tinggi negeri Universitas Udayana di Kabupaten Badung, Bali, dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) namun menyatakan orang tuanya terkendala biaya.

Emil lantas meminta nomer kontak siswi tersebut untuk mencoba membantu mencarikan solusi pembiayaan kuliahnya. "Saya bangga atas prestasi siswi yang bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Mudah-mudahan saya bisa bantu solusi pembiayaan kuliahnya," ucapnya.

Emil berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa akan mengikuti Pilkada Jatim 2018, yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni mendatang, diusung oleh koalisi partai politik Demokrat, PAN, Golkar, Nasdem, PPP dan Hanura.

Pilkada Jatim 2018 juga diikuti oleh pasangan Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno, yang diusung oleh koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018