Bondowoso (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menetapkan 578.741 daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada tahun ini.

"Dari sebanyak 578.741 pemilih yang masuk dalam DPT itu terdiri atas 278.180 laki-laki dan 300.561 perempuan," kata Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Hairul Anam usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara hasil perbaikan dan penetapan DPT di Bondowoso, Rabu.

Jumlah daftar pemilih tetap yang sudah ditetapkan oleh KPU, diperkirakan akan terus bertambah karena masih adanya masyarakat yang memiliki hak pilih belum melakukan perekaman KTP elektronik (KTP-el).

Masyarakat yang belum tercatat dalam database Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso, sesuai dengan laporan Dispenduk Capil ada 30.858 warga yang belum melakukan perekaman KTP-el.

"Namun, sejak awal temuan, sudah ada sekitar 15.000 orang yang telah melakukan perekaman KTP elektronik yang dilakukan Dispenduk Capil di desa-desa maupun di kecamatan yang memiliki alat perekaman kartu identitas diri," paparnya.

Hairul Anam menambahkan bahwa hasil penetapan DPT pilkada serentak 2018 akan dilaporkan pada KPU Provinsi Jawa Timur karena pada tanggal 22 April 2018, KPU Provinsi Jatim juga akan melaksanakan penetapan DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Rapat pleno terbuka penetapan DPT Pilkada 2018 juga dihadiri seluruh undangan yang merupakan Desk Pilkada, yakni Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bondowoso dan kedua tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati serta kepolisian dan pemerintah daerah setempat. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018