Situbondo (Antaranews Jatim) - Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN dan RB Muhammad Yusuf Ateh berkunjung ke Polres Situbondo, Jawa Timur, meninjau persiapan Polres setempat yang telah mengajukan sebagai zona integritas wilayah bebas korupsi (WBR).

"Kunjungan kami ke Polres Situbondo untuk melihat langsung kesiapan-kesiapan polres menjadi zona integritas wilayah bebas korupsi dan juga wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK dan WBBM)," katanya di sela kunjungan kerjanya ke Polres Situbondo, Senin malam.

Nantinya ada tim independen yang akan melakukan penilaian dan evaluasi terkait dengan pelayanan publik yang diberikan oleh Polres Situbondo, apakah benar-benar dirasakan oleh masyarakat tanpa ada korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Selain itu, katanya, tim independen juga akan menilai pelayanan publik yang diberikan polres apakah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Penilaian oleh tim nantinya tidak hanya pelayanan publik di polres saja, tetapi di seluruh polsek-polsek juga akan dinilai oleh tim survei. Kalau dilihat dari auranya baik fisik dan nonfisik Polres Situbondo sepertinya sudah siap," ucapnya.

Sementara Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono mengatakan bahwa kunjungan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pan dan RB ini adalah kunjungan awal guna membantu persiapan Polres Situbondo menuju zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

"Selanjutnya kami akan mengikuti anjuran dari beliau untuk penilaian-penilaian yang akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan, dan mudah-mudahan kami bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan Polres Situbondo mendapatkan predikat zona integritas," katanya.

Polres Situbondo memiliki inovasi Sistem Pelayanan Publik Terpadu (Simpel Puter) yang melayani pelayanan perpanjangan SIM, SKCK, Sikeling (Surat Kehilangan Keliling) SPKT Polres Situbondo, Teras BRI, Ambegellu Dinas Kesehatan, Akta Kelahiran, KK dan KTP Dispendukcapil, Samsat Keliling, Keluarga Berencana, Perpajakan, Perpustakaan, PMI, PLN, Kantor Pelayan Pajak Pratama, Pertanahan, PDAM, Perijinan Terpadu, Bulog, Kejaksaan Negeri Situbondo, LPBH NU, Universitas Terbuka dan yang lainnya. (*)
Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018