Sumenep (Antaranews-Jatim) - Calon Gubernur Jawa Timur 2018 nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) akan menyiapkan sejumlah program pengembangan produk ekonomi kreatif guna membantu para pelakunya jika terpilih sebagai gubernur.

"Kami bersama Mbak Puti (Puti Guntur Soekarno) akan berusaha maksimal untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Jatim," katanya dalam keterangan pers yang diterima Antara di Sumenep, Senin petang.

Gus Ipul berada di Sumenep dan salah satunya berkunjung ke sentra ukir di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan. (Baca juga: Gus Ipul Janji Teruskan Beasiswa Guru "Madin")

Program yang disiapkan Gus Ipul untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif tersebut, di antaranya bantuan modal dengan bunga ringan sekaligus pendampingan.

"Kami juga akan mencoba atau memfasilitasi pemasaran bagi produk pelaku ekonomi kreatif seperti ukiran di Desa Karduluk ini dengan `digital marketing` supaya komoditas kerajinan tersebut mampu dikenal khalayak luas secara cepat," katanya, menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Gus Ipul juga sempat berdialog dengan sejumlah pengusaha dan pengrajin ukiran serta membeli tiga produk ukiran pengrajin setempat.

Sementara salah seorang pengusaha ukiran, Slamet Riyadi menjelaskan, di desanya terdapat sekitar 3.000 pengrajin ukiran yang sebagian produknya diekspor hingga Eropa dan Timur Tengah.

Namun, kata dia, untuk sementara produk ukiran hasil pengrajin di Desa Karduluk belum terlalu dikenal khalayak luas seperti Jepara, Jawa Tengah.

Pilkada Jatim 2018 yang akan digelar pada 27 Juni itu diikuti oleh dua pasang calon gubernur-wakil gubernur, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di nomor urut 1 dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur, cucu Soekarno di nomor urut 2. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018