Madiun (Antaranews Jatim) - Tim defile Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Madiun berhasil menjuarai lomba defile Satpol PP tingkat Jawa Timur pada Apel Siaga dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-68 Satuan Polisi Pamong Praja dan HUT ke-56 Satuan Perlindungan Masyarakat di Halaman Kantor Bupati Gresik, Senin (19/3).

Wakil Bupati Madiun Iswanto mengapresiasi raihan prestasi tersebut. Ia berharap prestasi tersebut menjadi semangat dalam menjalankan tugas sebagai penegak Perda di Kabupaten Madiun.

"Selamat, Saya turut berbangga dengan capain prestasi ini. Ke depan harus lebih baik lagi," ujar Wakil Bupati Madiun Iswanto di Madiun, Selasa.

Mengutip dari sambutan Inspektur Upacara Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Iswanto mengatakan, bahwa apel siaga HUT Satuan Polisi Pamong Praja dan Satlinmas tahun ini memiliki tema `Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal Pilkada Serentak 2018`. Hal itu karena tahun 2018 merupakan tahun politik.

Di tahun 2018, terdapat dua agenda besar nasional yang akan digelar, yakni pemilihan kepala daerah serentak (pilkada serentak) dan tahapan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan.

"Peran Satpol PP dan Satlinmas menjadi penting di tahun politik. Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal dua agenda nasional tersebut. Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan," kata Iswanto.

Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas, harus ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama pilkada. Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga.

Tentu saja, lanjutnya, potensi gangguan keamanan akan ikut menguat. Karena itu, Satpol PP dan Satlinmas harus lebih meningkatkan upaya deteksi dininya.

"Sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi," kata dia.

Dalam menjaga dan mengawal keamanan pilkada Serentak, Satpol PP dan Satlinmas bekerja sama dengan usur kepolisian dan TNI setempat.

Sementara, lomba defile yang digelar, diikuti oleh 36 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Timur. Defile diawali dengan langkah tegap dan hormat kanan yang ditujukan kepada Inspektur Upacara.

Adapun, hasil lomba defile dalam rangka HUT ke-68 Satpol PP dan HUT ke-56 Satlinmas Tahun 2018 adalah Juara I Kontingen Kabupaten Madiun, Juara II Kontingen Kota Madiun, Juara III Kontingen Kabupaten Sidoarjo, dan Juara Favorit Kontingen Kabupaten Jember. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018