Surabaya (Antaranews Jatim) -  PT HM Sampoerna Tbk mendorong kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna mengembangkan bisnis mereka di era digital melalui program pendampingan terpadu di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna dan Sampoerna Retail Community (SRC).

Head of Fiscal Affairs & Communications PT HM Sampoerna Tbk Elvira Lianita mengatakan dalam kegiatan "Surabaya SMEs Go Digital and International" di Surabaya Rabu, program PPK dan SRC merupakan pengejewantahan Sampoerna dalam mendorong UMKM maju karena dianggap memiliki peranan yang sangat penting terhadap ekonomi kerakyatan.

"Kami selalu memiliki harapan besar terhadap perkembangan ekonomi Indonesia melalui UMKM, apalagi mengingat Sampoerna itu dirintis dari usaha kecil di Surabaya," kata Elvira.

Elvira menjelaskan bahwa pelatihan bagi pelaku UMKM merupakan salah satu langkah tepat untuk dilakukan agar mereka lebih siap menghadapi segala peluang dan tantangan zaman dalam memulai maupun mengembangkan usahanya.

"Sampoerna menjawab kebutuhan para pelaku UMKM dengan menyiapkan fasilitas pelatihan yang lengkap dan memadai dari berbagai komoditas, mulai dari pengolahan pangan, pertanian, perikanan dan ilmu terapan lainnya," ujarnya.

Director External Affairs PT HM Sampoerna Tbk Yos Adiguna Ginting mengatakan pihaknya ingin melalui PPK Sampoerna masyarakat melalui UMKM bisa meniru kesuksesan dari Sampoerna pada beberapa tahun mendatang.

"Saya harap masyarakat jadi bagian dari kesuksesan. Jangan hanya menjadi angan-angan. Pasti akan muncul Sampoerna-Sampoerna baru di masa akan datang," ujarnya.

Dia mengemukakan selama 10 tahun terakhir, PPK Sampoerna telah mendampingi lebih dari 33.000 mitra UMKM dalam mengasah "hardskills" dan "soft skills" dan juga melakukan riset jika dibutuhkan.

Dalam kegiatan ini Walikota Surabaya Tri Rismaharini memberikan apresiasi kepada Sampoerna yang telah membina UMKM serta berkerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Sampoerna, sebagai perusahaan pertama yang mendukung kelahiran program Pahlawan Ekonomi. Hingga sekarang, Sampoerna terus membantu UMKM di Surabaya bersama lebih dari 20 perusahaan lain," tutur Risma dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Kementerian Perdagangan Iriana Ryacudu mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan PPK Sampoerna.

Dengan kerja sama itu, Iriana mengajak para UMKM agar memanfaatkan seluruh pendampingan yang ada guna meningkatkan daya saing salah satunya melalui modul pelatihan yang telah disediakan.

"Program PPK Sampoerna sangat sesuai untuk membimbing mereka memahami pasar domestik maupun dalam upaya merambah pasar global," tuturnya.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018