Jember (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap data daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) Pilkada Jawa Timur yang akan dimulai secara serentak pada Sabtu (20/1).

"Kami sudah siap melakukan coklit data pemilih pilkada serentak 2018 tersebut sesuai intruksi KPU yang akan dilaksanakan secara serentak mulai besok Sabtu (20/1)," kata Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi di Jember, Jumat.

Secara keseluruhan, coklit yang dilakukan secara serentak itu rencananya akan melibatkan sebanyak 385.791 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan menyasar 1.928.955 rumah di 31 provinsi dan 381 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada.

"Untuk melakukan coklit, sedikitnya sekitar 4.500 petugas yang diterjunkan untuk menyasar jumlah daftar pemilih Pilkada Jatim di Kabupaten Jember, sehingga diharapkan data yang didapatkan benar-benar valid," tuturnya.

Setiap PPDP, lanjut dia, akan melakukan pendataan di 1 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember dengan jumlah 4417 TPS dan gerakan coklit serentak itu sebagai upaya KPU Jember dalam menyusun daftar pemilih yang akurat pada Pilkada Jatim.

"Dalam kegiatan tersebut, semua pegawai KPU mulai dari komisioner sampai tenaga pendukung akan turun langsung mendatangi setiap rumah mendampingi PPDP untuk melakukan coklit di lapangan," katanya.

Hanafi mengatakan pencocokan dan penelitian DP4 tersebut akan menentukan daftar pemilih sementara (DPS) dan kemudian akan disempurnakan lagi menjadi daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jatim.

"Saat ini jumlah pemilih di Jember sekitar 2 juta, namun untuk mendapatkan daftar pemilih yang akurat dan valid, maka dilakukan coklit terhadap DP4 yang sudah diterima KPU Jember," ucap mantan jurnalis itu.

Sementara Kasubbag Umum Sekretariat KPU Jember Sutoko mengatakan pihaknya telah menerima perlengkapan coklit serentak berupa berkas AA1 atau tanda bukti pendaftaran pemilih dan AA2 yang merupakan tanda coklit berupa stiker.

"Berkas itu sudah dikemas sesuai dengan kebutuhan di masing-masing kecamatan dan didistribusikan di 31 kecamatan di Kabupaten Jember untuk proses kegiatan coklit serentak yang akan dilaksanakan mulai besok Sabtu (20/1)," ujarnya. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018