Bojonegoro (Antara Jatim) - Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, mempersiapkan 92 personel untuk mengamankan empat pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) setelah ada penetapan dari KPU pada 12 Februari.

"Sesuai data yang berkembang pilkada di Bojonegoro dikuti empat pasangan calon. Di masing-masing pasangan calon ada 23 personel yang melakukan pengawalan," kata Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro, di Bojonegoro, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 92 pasangan calon pasangan pilkada itu akan melakukan pengamanan empat pasangan calon selama pelaksanaan pilkada.

"Saat ini sebanyak 92 personel polres yang dipersiapkan untuk mengamankan pasangan calon sedang mengikuti pelatihan khusus di Polda Jawa Timur," kata dia, menjelaskan.

Waka Polres Bojonegoro Kompol Dodon Priyambodo menjelaskan polres juga mempersiapkan 990 personel yang akan mengamankan pelaksanaan pilkada, belum termasuk petugas pengamanan dari TNI, Limnas, dishub juga sukarelawan.

Petugas pengamanan itu, menurut dia,  sudah melakukan aksi dengan melakukan pengamanan pendaftaran masing-masing pasangan calon sejak berangkat sampai ke KPU, juga membuat Posko Gakumdu bersama dengan panwas dan menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat.

"Sejauh ini kondisi tahapan pilkada berlangsung kondusif," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pengamanan dalam pelaksanaan pemungutan suara akan dilakukan sesuai standar tingkat keamanan di tempat pemungutan suara (TPS) aman-hijau, TPS  rawan I-hijau, dan TPS rawan II-merah.

Untuk TPS aman akan ditempatkan dua personel polres dengan dibantu 16 linmas melakukan penjagaan delapan TPS.  Di TPS rawan I-kuning akan ditempatkan dua personel polres dengan dibantu delapan linmas mengawasi empat TPS.

"Dengan jumlah 2.816 TPS tidak ada yang masuk kategori rawan II-merah," ujarnya.

Ia memberikan gambaran TPS rawan merah karena di daerah setempat pernah terjadi konflik masyarakat atau pernah dalam pemilu ada TPS dibakar.

Sesuai data, lanjut dia,  TPS masuk rawan I-kuning sebanyak 12 TPS, karena lokasinya terisolasi di kawasan hutan, jauh dari kecamatan.

Dari data yang diperoleh pasangan calon yang sudah mendaftar ke KPU yaitu pasangan calon yaitu Mahfudhoh Suyoto-Kuswiyanto yang diusung PAN, Hanura, dan Nasdem, dan pasangan calon Anna Muawanah-Budi Irawanto yang diusung PKB,PDIP dan PKPI.

Pasangan calon Soehadi Moeljono-Mitro'atin yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat dan Basuki-Pudji Dewanto yang diusung Partai Gerindra dan PPP mendaftar ke KPU hari ini. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018