Surabaya (Antaranews Jatim) - Omzet Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan PT Pelindo III mengalami kenaikan dengan rata-rata Rp4,5 juta dari biasanya sekitar Rp2 juta pada setiap acara pameran karena banyaknya kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Tanjung Perak selama 2017.

Vice President Corporate Communication of Pelindo III Lia Indi Agustiana di Surabaya, Selasa, mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir sejumlah kapal pesiar memang telah bersandar ke Tanjung Perak.

Untuk menyambut kedatangan kapal pesiar itu, kata Lia, Pelindo III bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya mengundang sejumlah UKM untuk berpameran saat kapal pesiar datang.

"Hal ini untuk mengoptimalkan manfaat ekonomi yang didapat dari turis mancanegara yang datang dengan kapal pesiar. Dengan mengundang pelaku UKM, manfaat langsung terasa ke masyarakat," katanya.

Lia mengatakan, Pelindo III saat datangnya kapal pesiar tidak hanya menyediakan tempat, meja, dan kursi, tetapi juga menggelar pertunjukan seni musik atau tari tradisional untuk menghibur agar turis tidak langsung naik kembali ke kapal.

"Upaya ini agar turis menyempatkan diri untuk memilih produk dan tentunya berbelanja," katanya.

Sementara itu, Dave Goh, salah satu turis asal Singapura mengaku sangat tertarik dengan adanya pameran, dan lebih banyak gerai yang berpartisipasi.

"Harganya juga terjangkau atau setidaknya tidak terlalu jauh dengan harga di pusat perbelanjaan," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Pelindo III, penyaluran Program Kemitraan BUMN kepelabuhanan pada tahun 2017 mencapai Rp16 miliar kepada total 476 UKM mitra binaan.

Sebelumnya, Kapal Pesiar Genting Dream berlabuh di Tanjung Perak Surabaya dengan membawa 4.300 wisatawan mancanegara. ***3***

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018