Jember (Antaranews Jatim) - Tingkat hunian hotel di Kabupaten Jember, Jawa Timur meningkat selama libur Natal hingga menjelang Tahun Baru 2018, bahkan hotel yang berada di kawasan objek wisata juga penuh saat malam pergantian tahun baru pada Minggu (31/12).

"Selama liburan ini memang ada peningkatan hunian sekitar 80-90 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu karena semakin bertambahnya jumlah hotel baru di Jember," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jember Teguh Suprayitno di Jember, Sabtu.

Menurutnya tingkat hunian hotel yang meningkat tersebut didukung dengan tumbuhnya hotel-hotel baru dan destinasi wisata baru, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Jember.

"Jumlah pengunjung hotel meningkat biasanya pada akhir pekan mulai hari Jumat hingga Minggu dan biasanya pihak hotel mengadakan acara tertentu seperti hiburan pada malam pergantian tahun baru untuk menarik wisatawan bermalam di hotel setempat," tuturnya.

Total kamar hotel di Jember sekitar 2.000 kamar karena ada beberapa hotel baru yang dibangun dan jumlah kamar hotel tahun ini bertambah dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebanyak 1.400 kamar.

"Biasanya beberapa hotel di kawasan objek wisata seperti Puncak Rembangan dan Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) biasanya selalu penuh pada malam pergantian tahun baru," katanya.

Sementara Senior Duty Manager Wisata Tanjung Papuma Suharno membenarkan penuhnya hunian kamar pondok wisata di Pantai Papuma yang sudah dipesan oleh wisatawan jauh-jauh hari untuk merayakan malam Tahun Baru.

"Ada sebanyak 16 kamar di Pantai Papuma yang disediakan oleh pihak pengelola sudah penuh dipesan oleh wisatawan, namun ada juga camping ground yang bisa digunakan wisatawan untuk mendirikan tenda-tenda," tuturnya.

Ia memprediksi jumlah kunjungan wisatawan juga semakin meningkat menjelang Tahun Baru 2018 karena pihaknya juga menghadirkan kesenian Reog Ponorogo untuk menarik wisatawan pada malam pergantian tahun baru.

"Kami menyuguhkan Reog Ponorogo, agar wisatawan lebih mencintai budaya Indonesia, sedangkan pada saat Tahun Baru nanti, kami sediakan live musik untuk menghibur pengunjung yang berlibur di Pantai Papuma," katanya.

Suahrno mengatakan target kunjungan wisatawan pada puncak libur Natal dan Tahun Baru di Pantai Papuma yang berada di Kecamatan Wuluhan tersebut berkisar 9.000 hingga 10.000 pengunjung setiap harinya. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017