Probolinggo (Antara Jatim) - Kota Probolinggo, Jawa Timur meraih penghargaan "Innovative Government Award" 2017 yang diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo kepada Wali Kota Probolinggo Rukmini di Jakarta.

"Alhamdulillah Kota Probolinggo berhasil masuk 10 besar 'Innovative Government Award' (IGA) 2017 yang diselenggarakan oleh Kemendagri yang telah menyaring tiga provinsi, 10 kabupaten dan 10 kota terbaik dalam melahirkan inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan," kata Wali Kota Probolinggo Rukmini di Kota Probolinggo, Rabu.

Berdasarkan data, 10 kota yang meraih penghargaan IGA 2017 tersebut adalah Kota Surabaya,  Tangerang Selatan, Bontang, Magelang, Surakarta, Makassar, Probolinggo, Sawahlunto, Pontianak dan Yogyakarta.

Sementara untuk kategori 10 kabupaten yang meraih Innovative Government Award 2017 yakni Kabupaten Lebak, Madiun, Malang, Gresik, Sleman, Boyolali, Bogor, Musi Rawas, Bantaeng, dan Pinrang, sedangkan tingkat provinsi hanya tiga yakni Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Selatan. 

"Saya sangat bersyukur atas keberhasilan Kota Probolinggo menyabet IGA 2017 karena penghargaan tersebut hanya diberikan kepada masing-masing 10 kabupaten/kota terbaik dari total sekitar 500 daerah di Indonesia," tuturnya.

"Innovative Government Award" merupakan bentuk penghargaan atau apresiasi bagi kepala daerah yang dipandang telah berhasil melakukan upaya-upaya strategi inovatif dalam kepemimpinan daerah yang bermanfaat bagi publik dan meningkatkan kemandirian daerah.

Kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan pemerintah daerah inovatif dimaksudkan agar dapat mendorong kompetisi positif antarpemerintah provinsi dan antarpemerintah kabupaten/kota dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan guna terwujudnya kesejahteraan rakyat.

"Di era kompetitif itu,  pemerintah daerah dituntut untuk lebih profesional dalam melakukan pengelolaan terhadap seluruh sumber daya yang dimilikinya, serta mampu melakukan percepatan dalam rangka mendorong peningkatan pelaksanaan di seluruh aspek, melalui kebijakan-kebijakan yang kreatif dan inovatif yang disesuaikan dengan karakteristik, kemampuan serta kearifan lokal di daerah," katanya.

Lima inovasi unggulan dari Kota Probolinggo yang telah dipaparkan dihadapan tim penilai IGA 2017 yakni program "Inol Aja" (Sistem Inovasi Arisan dan Layanan Jamban) dari Dinas Kesehatan, "MBS Puser Oriented" (Manajemen Berbasis Sekolah Publik Servis Oriented) dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Kemudian program "Kencan Untukmu" (Kemasan Cantik Untuk Produk Bermutu) dari Dinas Perikanan, "Si Kepho" (Sistem Informasi Kelompok Peduli HIV/ODHA) dari Dinas Kesehatan dan program "Siber PAM" (Sistem Informasi Berbasis Edukasi Masyarakat PAM) dari PDAM.(*)
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017